Satpol PP DKI mendata kondisi trotoar di Jaksel untuk pedestrian

Satpol PP DKI mendata kondisi trotoar di Jaksel untuk pedestrian

Satpol PP DKI Jakarta mendata kondisi trotoar di Jalan Senopati, Jakarta Selatan, yang rencananya akan ditata sebagai pedestrian, Senin (8/3/2021). ANTARA/Dewa Wiguna/aa.

Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta mendata kondisi trotoar di beberapa ruas jalan di wilayah Jakarta Selatan yang rencananya dipercantik agar sepenuhnya digunakan untuk pedestrian.

"Ini kegiatan strategis daerah termasuk penataan untuk pejalan kaki," kata Kepala Seksi Penertiban Sarana dan Prasarana Kota Satpol PP DKI Jakarta Muhammadong ketika mendata trotoar di Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Senin.

Tim gabungan yang melakukan pendataan di antaranya Satpol PP DKI, Dinas Perhubungan DKI, Bina Marga DKI dan petugas dari kecamatan dan kelurahan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pendataan tersebut dilakukan di trotoar yang berada di Jalan Senopati, Jalan Suryo dan Jalan Wolter Monginsidi dengan panjang diperkirakan mencapai dua kilometer dari total panjang rencana pedestrian di Jakarta Selatan mencapai 4,3 kilometer.

Pemprov DKI rencananya akan fokus menata trotoar di tiga jalan itu terlebih dahulu karena terbatasnya anggaran sebagai imbas refocusing anggaran karena dampak pandemi COVID-19.

Baca juga: Sudin Bina Marga Jaksel benahi 6.132 titik trotoar
Baca juga: Trotoar Kemang dan Blok M jadi tempat mangkal ojek daring


Adapun pendataan kondisi trotoar tersebut meliputi gerobag pedagang kaki lima, kabel jaringan telekomunikasi, tiang listrik, papan reklame hingga pot-pot yang berada di atas trotoar.

Data tersebut nantinya akan dikumpulkan dan dilaporkan kepada Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta.

"Jika nanti ada yang mau ditertibkan, kita tertibkan untuk menjaga agar pengerjaan (pedestrian) nanti supaya lancar," katanya.

Rencananya pengerjaan pedestrian akan dilakukan akhir Maret atau awal April 2021 yang akan dilaksanakan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta.
Baca juga: Puluhan bajaj parkir di trotoar ditertibkan di Jakarta Selatan
Pewarta : Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021