Gresik, Jatim (ANTARA) - Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengimbau warga di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk memanfaatkan peraturan daerah (Perda) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah setempat, untuk mendukung peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur.

Menurut La Nyalla, dalam keterangan tertulisnya di Gresik, Senin, mengakui sumbangan terbesar terhadap PDRB Jawa Timur berasal dari UMKM, jumlahnya mencapai 57 persen.

"Sektor UMKM di Jatim sangat diprioritaskan. Dan ini harus dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh masyarakat," tuturnya.

Baca juga: LaNyalla ingatkan pemerintah waspadai kemiskinan anak akibat COVID-19

Oleh karena itu, Senator asal Jawa Timur ini mengapresiasi Pemkab Gresik yang sudah memiliki Perda pemberian kredit lunak untuk UMKM.

"Dan informasi yang kami diterima, Gresik juga sedang mempersiapkan perda terkait dengan peningkatan sektor pertanian dan perikanan. Hal ini membuktikan jika Gresik sangat serius mengangkat perekonomian masyarakat, khususnya melalui sektor UMKM," tuturnya.

La Nyalla berharap hal ini dapat digaungkan lebih kencang kepada masyarakat. Sehingga menjadi semangat untuk meningkatkan produktivitas usaha.

Meski mendukung, La Nyalla juga memberikan masukan kepada Pemkab Gresik. Sebab, selama ini wilayah setempat dikenal sebagai kota industri, dan hal ini bertolak belakang dengan sektor yang digeluti penduduk, yakni perikanan dan pertanian.

Baca juga: Ketua DPD RI soroti aset di Jatim belum tersertifikasi

"Kami menyarankan kepada Pemkab Gresik untuk dapat menjajaki kerja sama dengan industri-industri besar yang ada di Gresik," katanya memberikan masukan.

Dia menjelaskan jika hal itu berjalan dengan baik, keberadaan manufaktur di Gresik akan memberi manfaat untuk masyarakat.

"Untuk pengembangan sektor UMKM, harus diperkuat kerja sama dengan para pemegang kebijakan untuk meningkatkan sisi Sumber Daya Manusia (SDM), modal dan pasar. Kerja sama dengan Semen Gresik dan smelter Freeport sebagai stakeholder, itu pun sangat baik sekali," ujar mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur itu.

Baca juga: Ketua DPD RI minta masyarakat waspadai aksi penipuan

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021