Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ir. Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemilik perusahaan bus harus mampu berinovasi dan kreatif agar moda transportasi darat itu dapat kembali menjadi pilihan utama masyarakat.

"Bus memiliki potensi luar biasa karena relatif terjangkau dan bisa menjangkau point to point yang tidak bisa dijangkau angkutan lainnya... Bus bisa menjadi alternatif," kata Menhub Budi dalam acara pembukaan Sumatera Roadshow 2021 With PerpalZ TV, yang disiarkan secara daring, Minggu.

"Saya sekarang melihat bus yang menyediakan air purifier, yang bisa menjadi selling point yang diminati masyarakat. Lalu, melihat apa yang dilakukan Kereta Api Indonesia (KAI) dengan buat suatu service yang begitu baik dengan luxury itu menjadi terobosan (yang bisa diaplikasikan untuk bus)," ujarnya menambahkan.

Baca juga: INKA-Pemkab Tulang Bawang Barat-Itera kerja sama transportasi listrik

Baca juga: Bus listrik Higer diklaim punya daya jangkau hingga 300km


Menhub mengatakan kreativitas senada dengan apa yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo, bahwa pandemi mampu mendorong berbagai pelaku industri dan pemerintah untuk mengeluarkan ide dan terobosan baru.

"Presiden menyampaikan di masa pandemi ini kita keluar dengan ide-ide kreatif. Situasi sulit ini kita berkreasi agar usaha-usaha kita berubah dengan cara yang kreatif," kata Menhub.

"Saya yakin bahwa ini bermakna untuk bangsa dan industri transportasi darat. Saya dan Dirjen siap mendukung untuk (pelaku usaha) melakukan kegiatan-kegiatan kreatif ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan upaya pengelola dan pemilik perusahaan bus ini juga bisa didorong melalui pemanfaatan teknologi digital untuk lebih mengenalkan transportasi darat ini lebih luas dan menarik. Salah satunya adalah membuat konten edukasi dan perjalanan yang dibagi melalui kanal YouTube.

"Ini bisa jadi sarana komunikasi masyarakat, bahwa bus hadir dengan cara yang lain. Dari YouTube, harus kreatif buat judul, view tertentu, sehingga ini jadi satu berita menarik, ada diferensiasi pengetahuan anak-anak muda. Konten itu penting sekali, bagaimana angle bisa dibuat menarik," kata dia.

Menteri Budi juga memaparkan bahwa usaha pelaku bisnis bus juga perlu didorong oleh dukungan pemerintah. Ia mengatakan bahwa kini pemerintah tengah membangun terminal-terminal bus di pulaua-pulau besar di Indonesia pada tahun ini.

"Kita juga membuat itu sesuatu yang berbeda (untuk terminal bus). Kita akan bikin satu terobosan di Yogya dan Bandung, di mana terminal tidak kumuh, bahkan dibuat menjadi seperti game center untuk menggaet anak muda. Pemikiran seperti ini kita bayangkan generasi muda jadi kekuatan dan pasar yang bagus," pungkas dia.

Baca juga: Truk dan bus Daimler bakal pakai mesin pabrikan AS Cummins

Baca juga: Daihatsu tambah varian edisi spesial untuk mobil mini Move Canbus

Baca juga: Kemenperin: Indonesia siap produksi bus listrik 1.200 per tahun
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021