Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daop 8 Surabaya, Jawa Timur akan meluncurkan Kereta Api (KA) Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng-Malang PP untuk mengakomodir kebutuhan dan kepercayaan pelanggan terkait transportasi yang aman, sehat dan nyaman di wilayah setempat.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Rabu mengatakan, rangkaian KA Arjuno Elspres dijalankan pada tanggal 19, 20, 21, 22 Maret 2021.

Rangkaian KA Arjuno Espres terdiri dari 8 kereta eksekutif dan dengan kapasitas tempat duduk sesuai protokol kesehatan 280 penumpang.

Baca juga: Daop Surabaya perpanjang relasi KA Mutiara Timur sampai Yogyakarta

KA Arjuno Ekspress relasi Surabaya Gubeng - Malang memiliki rute pemberhentian di beberapa stasiun yaitu Stasiun Sidoarjo, Lawang, dan berakhir di Malang.

"KA Arjuno Ekspres ini memiliki waktu tempuh dari Surabaya ke Malang kurang dari 2 jam. Hadirnya KA Arjuno Ekspres adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan sebagai upaya peningkatan pelayanan transportasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Luqman.

Baca juga: Relasi lima KA di wilayah Daop 8 Surabaya diperpendek

Luqman mengatakan masyarakat sudah dapat memesan tiket KA Arjuno Ekspres untuk keberangkatan bulan Maret ini di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan chanel pembelian online lainnya.

Sementara itu, untuk mencegah penyebaran COVID-19, setiap pelanggan KA wajib untuk mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"KA Arjuno Ekspres merupakan KA Lokal Komersial. Sehingga pelanggan yang akan naik tidak perlu surat keterangan bebas COVID-19, namun penggunaan masker tetap wajib saat di dalam kereta dan diimbau mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket," tutur Lukman.

Baca juga: Harga tiket KA Sancaka relasi Surabaya-Yogyakarta turun

Ia mengaku, KAI tetap berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 pada transportasi KA.

Sementara itu, jadwal perjalanan KA Arjuno ekspres di antaranya dari Stasiun Surabaya Gubeng berangkat pukul 06.00 WIB, Stasiun Sidoarjo datang 06.25 WIB, kemudian berangkat 06.29 WIB.

Baca juga: Penumpang KA di Daop Surabaya tunjukkan naik tiap bulan

Untuk Stasiun Lawang datang pukul 07.30 WIB, kemudian berangkat 07.33 WIB, lalu Stasiun Malang datang 07.55 WIB, dan berangkat 10.25 WIB.

Sedangkan arah dari Malang, sampai di Stasiun Lawang 10.47 WIB, lalu berangkat 10.50 WIB, kemudian Stasiun Sidoarjo datang 11.46 WIB, dan berangkat 11.49 WIB, kemudian Stasiun Surabaya Gubeng 12.15 WIB

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2021