Dubes RI serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Vietnam

Dubes RI serahkan surat kepercayaan kepada Presiden Vietnam

Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi (kiri) usai memberikan Surat Kepercayaan pada Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong (kanan) di Hanoi, Vietnam, Rabu (17/3/2021). ANTARA/HO-KBRI Hanoi.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Indonesia  untuk Vietnam, Denny Abdi, telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong pada Rabu di Istana Kepresidenan di Hanoi.

Dalam pernyataan tertulis Kedutaan Besar RI di Hanoi yang diterima di Jakarta, Rabu, dikatakan bahwa penyerahan tersebut menandai dimulainya penugasan Denny sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam.

“Acara dimulai dengan penghormatan dari Guard of Honour dan penyambutan oleh Kepala Protokol Negara di gerbang Istana Kepresidenan Viet Nam. Prosesi penyerahan Surat Kepercayaan dari Duta Besar RI kepada Presiden Nguyen Phu Trong berlangsung dengan khidmat,” demikian KBRI Hanoi.

Adapun dalam audiensi dengan Presiden Vietnam, Dubes Denny meneruskan salam dari  Presiden Joko Widodo kepada Presiden Nguyen Phu Trong, serta komitmennya untuk memperkuat hubungan bilateral yang telah terjalin baik selama ini.

Dubes Denny Abdi merupakan diplomat karir yang telah memiliki jejak rekam di Kementerian Luar Negeri selama 25 tahun terakhir. Sebelum penunjukkan sebagai Dubes RI di Vietnam, dia menjabat sebagai Direktur Asia Tenggara Kemlu RI.

Indonesia dan Vietnam telah menikmati hubungan bilateral yang erat sejak 30 Desember 1955, yang diperkuat dengan Kemitraan Strategis pada 2013 lalu.

Sejumlah pertemuan tingkat tinggi pemerintahan pun juga telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir sebagai bentuk cerminan hubungan akrab kedua negara. Pada tahun 2019 lalu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah melakukan pertemuan bilateral dengan mitra Vietnamnya,  Phan Binh Minh.

Di level pimpinan tertinggi, Presiden Joko Widodo telah melakukan kunjungan kenegaraan ke Vietnam, sementara Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc telah berkunjung ke Bali pada 2018.

Pada 2017, Sekretaris Jenderal Partai Nguyen Phu Trong, yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Viet Nam, melakukan kunjungan resmi ke Indonesia. Berbagai kunjungan tingkat tinggi tersebut telah menghasilkan sejumlah kesepakatan di berbagai bidang termasuk Plan of Action Implementasi Kemitraan Strategis Indonesia–Viet Nam periode 2019–2023.

Dari segi hubungan ekonomi, pada tahun 2020 lalu, nilai perdagangan kedua negara mencapai 8,2 miliar dolar AS, meski diterpa berbagai tantangan akibat pandemi virus COVID-19.
Baca juga: Vietnam terbuka untuk kerja sama vaksin COVID dengan Indonesia
Baca juga: Dubes RI peroleh penghargaan kebudayaan, pariwisata dari Vietnam

Pewarta : Aria Cindyara
Editor: Suharto
COPYRIGHT © ANTARA 2021