Kampung Tangguh juga didirikan di asrama Brimob Cikarang

Kampung Tangguh juga didirikan di asrama Brimob Cikarang

Polda Metro Jaya gelar inspeksi di Kampung Tangguh Jaya asrama Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Metro Jaya di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (17/3/2021). ANTARA/HO-Polda Metro Jaya

Jakarta (ANTARA) - Polda Metro Jaya mendirikan Kampung Tangguh Jaya di asrama Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Metro Jaya di Cikarang, Jawa Barat, untuk memastikan personelnya dalam kondisi sehat dan bebas dari COVID-19 ketika melayani masyarakat.

"Kami harus memastikan bahwa personel yang terlibat dalam pengamanan kegiatan masyarakat dan pengamanan kegiatan unjuk rasa itu sehat jangan sampai ada yang sakit kemudian menularkan kepada masyarakat yang mereka layani," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Cikarang, Rabu.

Fadil juga melakukan inspeksi serta memuji kesiapan dan penerapan protokol kesehatan di markas Brimob Batalyon D serta kesigapan petugasnya dalam menerapkan 3T yakni penelurusan (Tracing), Testing dan penanganan (Treatment).

"Di sini ada swab antigen, ada ruang isolasi mandiri, kemudian jika kalau ada yang positif dilakukan 'tracing' antara petugas kesehatan dan relawan yang ada di Kampung Tangguh Jaya di sini. Tentunya bersama-sama rekan-rekan Babinsa di sini," jelasnya.

Baca juga: Wagub DKI apresiasi Kampung Tangguh Jaya untuk menekan kasus COVID-19

Dia juga mengatakan penerapan 3T tersebut sangat penting mengingat para anggota Sat Brimob Polda Metro Jaya ini rentan terpapar Covid-19 karena bertugas melakukan pengamanan sehari-hari.

Kampung Tangguh Sat Brimob yang juga disebut asrama Ksatria Tangguh ini juga mempunyai program penguatan pangan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi.

"Ada cabe, ikan nila, lele, pisang, jahe merah, telur ini semoga bisa bangkitkan wirausaha di sini. Ini luar biasa guyub, ada pak Lurah, Camat, ada relawan luar biasa yang semangat untuk menghidupkan roda ekonomi di sini," pungkasnya.

Kampung Tangguh Jaya adalah program yang dicanangkan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Baca juga: Program Kampung Tangguh Jaya Sudimara Barat targetkan hapus zona merah

Personel dari TNI-Polri dan pemerintah daerah juga akan turun langsung melakukan pemantauan perkembangan dari Kampung Tangguh tersebut.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021