Denpasar (ANTARA) - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik rencana Pemerintah India untuk memperkuat kerja sama dengan Indonesia, terutama dengan Bali, yang memang sudah terjalin sejak lama.

"Kami berharap dengan penguatan kerja sama ini, bisa membangun hubungan yang lebih erat antara kedua negara," kata Wagub yang akrab dipanggil Cok Ace itu dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA di Denpasar, Kamis.

Wagub menyampaikan hal itu terkait dengan hasil audiensi Duta Besar India untuk Indonesia Shri Manoj L Bharti pada Rabu (17/3) yang menyatakan ingin memperkuat kerja sama dengan Indonesia, terutama Bali.

Cok Ace mengatakan hubungan Indonesia terutama Bali dengan India sudah terjalin dari dulu, bahkan hal itu bisa dilihat dari akulturasi budaya yang sangat kental pengaruh negara itu di Bali.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyinggung soal program Free Covid Corridor yang sedang dirancang untuk membuka pariwisata Bali. Menurutnya, beberapa negara yang menjadi target utama program tersebut adalah Belanda, India dan negara-negara di Timur Tengah.

"Jadi, saya berharap dukungan Anda untuk meyakinkan warga India supaya bisa berkunjung ke Bali jika program tersebut sudah berjalan," ucap pria yang juga Ketua PHRI Provinsi Bali itu.

Baca juga: Gubernur Bali ingin perkuat kerja sama dengan India

Sementara itu, Dubes India untuk Indonesia Shri Manoj L Bharti memaparkan berbagai kerja sama infrastruktur yang telah dilakukan dengan Pemerintah Indonesia dan dia berharap salah satunya bisa bekerja sama dengan Bali.

Baca juga: Indonesia tingkatkan kerja sama bilateral dengan India

"Saya ke Bali dengan menggunakan jalur darat, sambil observasi kerja sama di bidang apa yang bisa kita ambil," katanya dalam pertemuan yang turut juga dihadiri oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali I Ketut Sukra Negara.

Baca juga: Dubes ajak pengusaha Indonesia proaktif tinjau potensi kerja sama dengan India

Selain itu, pada pertemuan tersebut Dubes India juga menyinggung tentang pemberian beasiswa ke India bagi masyarakat Indonesia.

"Pemerintah kami menyediakan 100 beasiswa yang nantinya akan disebar di seluruh Indonesia. Kami harap masyarakat Bali bisa menikmati beasiswa tersebut," ujarnya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021