BI Jabar siap sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

BI Jabar siap sukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat (Jabar) siap menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #Di Indonesia Aja (BWI), sekaligus pre-event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2021. ANTARA/HO/Humas BI Jabar

Bandung (ANTARA) - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat (Jabar) siap menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #Di Indonesia Aja (BWI), sekaligus pre-event Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) 2021.

"Pelaksanaan kegiatan KKJ ini sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI, khususnya April 2021 di mana tempat utamanya secara nasional adalah di Jawa Barat, dengan "movement manager" KemenKop UKM," kata Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Herawanto di sela-sela rakor persiapan Gernas BBI di Gedung Sate Bandung, Minggu.

Rakor dipimpin langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan dihadiri Pemprov Jawa Barat, Dekranasda, OJK, pimpinan perbankan.

Herawanto mengatakan acara tersebut akan mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreatifitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.

"Dalam rangkaian acara akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jawa Barat dan Dekranasda Jawa Barat," ujarnya.

Selain itu, juga akan ditampilkan pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan dan "business matching" serta berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional.

Ia mengatakan bagi Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat, pelaksanaan Sinergi Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat 2021 yang dilaksanakan sebagai dukungan terhadap Gernas BBI dan BWI Jawa Barat ini merupakan upaya berkesinambungan untuk menciptakan New UMKM Jawa Barat secara end-to-end sebagai kekuatan ekonomi nasional yang tumbuh berdaya saing, bercirikan pemanfaatan digital, khususnya untuk mendukung promosi dan pemasaran secara virtual.

"Sehingga diharapkan tetap mampu memberikan kontribusi optimal di masa pandemi terhadap perekonomian tidak hanya Jawa Barat, tapi juga nasional," kata dia.

Dalam Sinergi Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat 2021 tersebut juga dilakukan upaya lanjutan digitalisasi sistem pembayaran yang diyakini sebagai entry point dukungan terhadap akses pembiayaan dan penciptaan ekosistem digital secara lebih luas dan terintegrasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mendukung pencapaian visi Jawa Barat sebagai provinsi digital.

Untuk itu, pada April 2021 juga akan digelar Festival Ekonomi Digital Indonesia (FEKDI) yang secara nasional akan diselenggarakan mulai tanggal 5 sampai dengan 8 April 2021, dan khusus di wilayah Jawa Barat pada 9 April 2021.

KemenKop UKM, Pemprov Jawa Barat dan Bank Indonesia mengajak masyarakat luas khususnya di Jawa Barat untuk turut meramaikan dan menyukseskan event Sinergi Pekan Kerajinan Jawa Barat dan Karya Kreatif Jawa Barat 2021 sebagai rangkaian dari Gernas BBI dan BWI.

Caranya, mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan dan mendorong untuk membeli produk UMKM yang ditawarkan dalam rangkaian kegiatan bergengsi tersebut, serta berwisata di Indonesia aja.

"Mari kita dukung upaya percepatan pemulihan ekonomi dengan mendukung Gernas BBI dan BWI melalui pembelian produk UMKM dan berwisata di dalam negeri namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kill the virus, but not the economy. Control the pandemic, but not to stop the economy," kata Herawanto.

Baca juga: Ridwan Kamil jadi duta produk UMKM dalam Gernas BBI
Baca juga: Bank Indonesia bersama pemerintah ajak masyarakat belanja produk UMKM
Baca juga: Mendag Lutfi: Merek lokal akan jadi primadona di mal-mal Indonesia

 
Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021