Kemarin, pasien sembuh COVID bertambah hingga erupsi Gunung Sinabung

Kemarin, pasien sembuh COVID bertambah hingga erupsi Gunung Sinabung

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo kembali erupsi. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora kemarin (Minggu, 21/3) yang menarik perhatian pembaca dan layak dibaca pada pagi ini, diantaranya pasien sembuh COVID-19 bertambah, erupsi Gunung Sinabung Karo mencapai 1.000 meter, dan 873 kejadian bencana alam hingga 21 Maret.

Ketinggian erupsi Gunung Sinabung Karo teramati mencapai 1.000 meter

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, menyatakan erupsi Gunung Sinabung pada Minggu, sekitar pukul 12.00 WIB ditandai dengan semburan material vulkanik teramati dengan ketinggian 1.000 meter mengarah ke timur dan tenggara.

"Selain itu asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100-500 meter di atas puncak kawah," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin saat dihubungi dari Medan, Minggu.

Pasien sembuh COVID-19 bertambah 6.065 orang

Data yang dihimpun Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menunjukkan pada Minggu ini, jumlah kesembuhan bertambah 6.065 orang atau lebih besar dari 4.396 orang yang baru terkonfirmasi COVID-19.

Data yang dikumpulkan sejak Sabtu (20/3) sampai siang hari ini juga menunjukkan adanya penambahan kasus kematian 103 orang, menurut data yang diterima di Jakarta, Minggu.

Satgas sebut 5.533.379 orang telah jalani vaksinasi COVID-19

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyatakan jumlah total sebanyak 5.533.379 orang telah menjalani vaksinasi COVID-19 yang terdiri dari petugas kesehatan, petugas layanan publik serta para penduduk lanjut usia.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu disebutkan angka itu menunjukkan telah terjadi penambahan sebanyak 408.431 orang yang mendapatkan dosis pertama vaksin COVID-19 dibandingkan Sabtu (20/3) 2021.

BNPB catat 873 kejadian bencana alam terjadi hingga 21 Maret

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 873 bencana alam terjadi di Tanah Air dalam periode 1 Januari hingga 21 Maret 2021.

Berdasarkan keterangan tertulis dari BNPB, Minggu, kejadian bencana alam yang mendominasi yakni banjir diikuti dengan puting beliung dan tanah longsor.

Ramadhan momentum tepat kampanyekan wakaf uang

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas) Kementerian Agama menyatakan Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah menjadi momentum tepat untuk mengampanyekan gerakan wakaf uang, pasalnya hingga saat ini bagi sebagian masyarakat masih asing.

"Bulan Suci Ramadan ini biasanya perolehan dana zakat, infak, dan sedekah itu meningkat. Maka, wakaf uang juga harus kita sosialisasikan kembali kepada masyarakat," ujar Sekretaris Ditjen Bimas Islam Kemenag M. Fuad Nasar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Vaksinasi COVID-19 untuk zona hijau di Bali dimulai serentak

Pemberian vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat di tiga kawasan zona hijau di Provinsi Bali akan dilaksanakan serentak mulai Senin (22/3) karena telah mendapat dukungan penyediaan vaksin dari pemerintah pusat.

"Konsep zona hijau yang merupakan gagasan dari Gubernur Bali Wayan Koster ini bermakna bahwa seluruh warga masyarakat di tiga kawasan ini diberikan vaksin sehingga terhindar dari paparan COVID-19," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra di Denpasar, Minggu.

Gubernur Banten kembali perpanjang PSBB untuk ketujuh kalinya

Gubernur Banten Wahidin Halim kembali memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk ketujuh kalinya guna mempercepat penanganan COVID-19 di wilayah itu.

Perpanjangan PSBB tahap ketujuh tertuang dalam Keputusan Gubernur Banten Nomor 443/Kep.70-Huk/2021 tentang Perpanjangan Tahap Ketujuh Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19, yang dikeluarkan di Serang, Minggu.
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021