100 (seratus) orang peserta program padat karya yang terlibat diutamakan masyarakat yang tidak memiliki keahlian khusus serta tidak memiliki pekerjaan dalam waktu cukup lama akibat terdampak pandemi Covid -19 guna menyambung kelangsungan perekonomian
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Distrik Navigasi Kelas III Kendari, Sulawesi Tenggara, melaksanakan program padat karya dengan melibatkan 100 warga sekitar.

Kepala Distrik Navigasi Kelas III Kendari Suyadi mengatakan pelaksanaan program padat karya tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, membantu mengurangi angka pengangguran, serta mendukung pemerintah dalam mempercepat pengentasan kemiskinan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"100 (seratus) orang peserta program padat karya yang terlibat diutamakan masyarakat yang tidak memiliki keahlian khusus serta tidak memiliki pekerjaan dalam waktu cukup lama akibat terdampak pandemi Covid -19 guna menyambung kelangsungan perekonomian," kata Suyadi dalam rilis di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ditjen Hubdat gelontorkan dana Rp39 miliar untuk program padat karya

Suyadi mengatakan program padat karya ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari pada  22 s/d 26 Maret 2021 dan kegiatan dimulai pukul 08.00 WITA s/d 16.00 WITA yang bertempat di beberapa lokasi sekitar Kantor Distrik Navigasi Kelas III Kendari antara lain dermaga, talud (dinding penahan tanah) serta fasilitas dan gedung kantor dengan melakukan pembersihan serta pengecatan.

Program padat karya ini dilaksanakan secara berkelompok dengan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, memakai sarung tangan, dan dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

"Saya berharap selama kegiatan berlangsung kita semua tetap menjalankan protokol kesehatan guna berupaya memutuskan rantai penyebaran CovoId-19," ujarnya.

Baca juga: Kemenhub bakal dapat anggaran tambahan padat karya Rp2,05 triliun

Semua peserta program padat karya dalam melaksanakan pekerjaan diawasi oleh petugas yang ditunjuk dari Kantor Distrik Navigasi Kelas III Kendari untuk mengawasi dan memastikan semua peserta agar mendapatkan hasil pekerjaan yang berkualitas dan sesuai harapan.

Program padat karya ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBN yang tertuang dalam DIPA Kantor Distrik Navigasi Kelas III Kendari Tahun 2021 berupa belanja pemeliharaan rutin.

"Upah para peserta program padat karya akan diberikan secara langsung setiap hari selama 5 (lima) hari kerja sesuai dengan standar upah minimum di  Sulawesi Tenggara," katanya.

Baca juga: PUPR catat padat karya tunai serap 110.544 tenaga kerja per awal Maret

Suyadi juga berharap program padat karya ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun sesuai dengan anggaran yang tersedia.

"Saya berharap program padat karya ini dapat menciptakan pemberdayaan masyarakat sekitar sekaligus dapat mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, sertan menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan," pungkasnya.

Pembukaan program padat karya ini dengan ditandai penekanan sirine oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ir. Ridwan Bae didampingi oleh Suyadi, SE, M. Si selaku Kepala Distrik Navigasi Kelas III Kendari dan dihadiri oleh Kepala KSOP Kelas II Kendari, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, Kepala KKP Kelas II Kendari, Camat Kendari, Lurah Kessilampe, perwakilan Dishub Provinsi Sulawesi Tenggara, Dishub Kota Kendari serta diikuti oleh 100 (seratus) orang peserta dari masyarakat di sekitar lingkungan Kantor Distrik Navigasi Kelas III Kendari yang berasal dari Kelurahan Kessilampe, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dasar pelaksanaan program padat karya ini antara lain Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2015 sebagai perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, Surat Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : PR.003/1/2/DJPL/2021 tanggal 11 Januari 2021 perihal Rencana Program Padat Karya Tahun 2021 Pada UPT Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor : UM.006/15/5/DJPL/2021 tanggal 5 Maret 2021 Perihal Rencana Pelaksanaan Program Padat Karya Tahun 2021 Gelombang I dan Gelombang II Pada UPT Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Surat Direktur Kenavigasian Nomor : UM.006/05/08/DV-21 tanggal 23 Februari 2021 perihal Program Padat Karya juga menjadi dasar pelaksanaan program padat karya ini.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021