Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika berupaya mempercepat pemulihan multisektor dari pandemi dengan menggunakan konektivitas digital.

Sekretaris Jenderal Kominfo Mira Tayyiba mengatakan pembangunan konektivitas digital melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) sepanjang tahun 2020 telah membangun sebanyak 1.682 Base Transceiver Station (BTS) jaringan 4G di 1.682 desa/kelurahan.

"Program akses internet yang sebelumnya ditargetkan hanya 9.400 lokasi di tahun 2020, justeru mengalami penambahan yang signifikan menjadi 11.817 lokasi. Program akses internet dan jaringan 4G di wilayah 3T, telah dimanfaatkan dengan baik atau setidaknya untuk sektor kesehatan dan pendidikan," kata Mira dalam keterangan pers, Rabu.

Jaringan 4G pada sektor pendidikan digunakan untuk pelatihan pembelajaran online, penyediaan lisensi bahasa Inggris online, penyediaan lisensi belajar agama Islam juga secara online, pelaksanaan kegiatan pelatihan coding untuk masyarakat dan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi untuk disabilitas.

"Memang, programnya sangat inklusif, sedangkan pada sektor kesehatan telah diadakan pelatihan aplikasi pencatatan kesehatan ibu hamil bagi bidan di puskesmas di wilayah 3T," kata Mira.

Sektor lain yang juga memanfaatkan jaringan 4G di wilayah 3T adalah sektor UMKM, maritim, dan pertanian, kebencanaan, pariwisata dan e-Government dan non sektor yaitu kegiatan literasi digital untuk mensosialisasikan pemanfaatan TIK.

Sejak 2014, Kementerian Kominfo juga menyiapkan pembangunan infrastruktur TIK di seluruh pelosok negeri.

“Tidak hanya itu, pengembangan SDM di sektor komunikasi dan informatika juga menjadi fokus Kominfo dalam melahirkan talenta digital yang diharapkan nantinya akan menguasai ekosistem teknologi mutakhir,” kata Mira.

Tahun ini, Kementerian Kominfo juga menargetkan capaian pembangunan infrastruktur TIK secara besar-besaran, antara lain menambah BTS 4G di 4.200 desa/kelurahan, akses internet atas sebanyak 7.764 titik lokasi, peningkatan kapasitas satelit menjadi 30Gbps dan utilisasi Palapa Ring untuk Zona Barat, Tengah, maupun Timur.

Baca juga: Menkominfo dan Dubes Jepang bahas kerja sama teknologi

Baca juga: Kominfo minta platform pesan instan tutup akun pelaku prostitusi

Baca juga: Kominfo transformasi status kepegawaian di RRI dan TVRI

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021