Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Swiss membekap Bulgaria dalam laga pembuka mereka di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup C, ketika di pertandingan lain Denmark mampu membungkam Israel di Grup F.

Bertandang ke Stadion Nasional Vasil Levski di Sofia, pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Swiss menang dengan skor meyakinkan 3-1 atas tuan rumah Bulgaria disokong tiga gol cepat yang mereka cetak dalam 12 menit pertama, demikian catatan laman resmi UEFA.

Breel Embolo membuka keunggulan Swiss saat pertandingan baru berusia tujuh menit ketika ia menanduk umpan silang Ricardo Rodriguez untuk menaklukkan kiper Plamen Illiev.

Keunggulan itu digandakan tiga menit berselang melalui sepakan kaki kiri Haris Seferovic yang menyelesaikan umpan kiriman Xherdan Shaqiri.

Baca juga: Kroasia tersungkur di Slovenia

Swiss terus menekan dan pada menit ke-12, tembakan Shaqiri membentur tiang gawang tetapi Steven Zuber berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola muntah demi mencetak gol ketiga tim tamu.

Keunggulan tiga gol membuat Swiss tampil lebih tenang dan tidak terburu-buru membangun serangan dan pada awal babak kedua Bulgaria sempat menghidupkan asa mereka untuk bangkit saat Kiril Despodov mencetak gol balasan.

Tuan rumah mengancam kembali melalui tembakan Georgi Kostadinov dari sisi kanan gawang, tetapi kiper Yann Sommer dengan sigap mementahkan peluang tersebut dan sejak saat itu hingga akhir laga Bulgaria tak mampu menciptakan peluang berarti lagi sehingga harus rela menelan kekalahan 1-3 dari Swiss.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, tuan rumah Israel harus mengakui keunggulan Denmark yang memetik tiga poin penuh lewat kemenangan 2-0.

Baca juga: Hasil pertandingan perdana kualifikasi Piala Dunia zona Eropa

Penyerang Barcelona Martin Braithwaite membawa Denmark memimpin pada menit ke-13 setelah ia mengkonversi umpan terobosan Jonas Wind dengan penyelesaian yang memperdaya kiper Ofir Marciano.

Denmark lebih dominan menguasai pertandingan tetapi baru mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-67 melalui sepakan Wind dari tengah kotak penalti.

Braithwaite hampir menambah marjin keunggulan Denmark tujuh menit jelang bubaran normal, sayang tembakannya ditolak oleh mistar gawang dan skor 2-0 bertahan hingga laga berakhir.

Di pertandingan selanjutnya, pada Sabtu (28/3), Denmark akan menjamu Moldova dan Israel masih bermain di kandang sendiri menghadapi Skotlandia dalam laga putaran kedua Grup F.

Sedangkan Swiss bakal menjamu Lithuania dalam lanjutan Grup C, sementara Bulgaria menyambut kedatangan Italia di kandangnya sendiri.

Baca juga: Belgia balik lumat Wales 3-1
Baca juga: Prancis awali kualifikasi Piala Dunia 2022 ditahan imbang Ukraina

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021