Sudin KPKP sidak Pasar Nangka uji kelayakan produk pangan

Sudin KPKP sidak Pasar Nangka uji kelayakan produk pangan

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) melakukan kegiatan pengawasan kelayakan produk pangan yang dijual di Pasar Nangka, Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat. ANTARA/Sudin KPKP Jakarta Pusat.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) melakukan kegiatan uji kelayakan produk pangan yang diperdagangkan di Pasar Nangka, Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan kegiatan dilakukan dengan mengambil 24 sampel produk pertanian untuk diuji di mobil laboratorium.

Baca juga: Dinas KPKP pastikan pangan Jakarta aman jelang Ramadhan 2021

"Hari ini kami melaksanakan pengawasan dan pembinaan pedagang, serta mengambil sebanyak 24 sampel produk pertanian," kata Penty saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Penty menjelaskan selain Pasar Nangka, Sudin KPKP juga melakukan pengawasan di Pasar Sumur Baru, Pasar Gardu Asem, Pasar Serdang, serta pasar modern yakni di Carrefour Cempaka Mas.

Ada pun sampel yang diambil, yakni produk pertanian seperti beras, wortel, buah-buahan, hingga peternakan dan perikanan.

Baca juga: Pemprov DKI jamin ikan bandeng di Rawa Belong bebas formalin

Sebelumnya, Sudin KPKP telah melakukan kegiatan pengawasan yang sama ke sejumlah pasar tradisional dan modern, antara lain Pasar Johar Baru, Rawasari, Gembrong Baru, dan Lotte Mart.

Menjelang Ramadhan yang jatuh pada April mendatang, Sudin KPKP juga telah menjadwalkan kegiatan pengawasan pangan, mengingat konsumsi masyarakat yang akan meningkat pada bulan tersebut.

Baca juga: Anggota DPRD DKI: Peternakan sapi perkotaan masih prospektif

Selain itu, program Gelar Pangan Murah juga akan dilakukan bersama dengan Kementerian Pertanian untuk menstabilkan sejumlah komoditas pangan yang diperkirakan akan melonjak harganya, seperti cabai rawit dan daging sapi.

"Gelar Pangan Murah belum dilakukan, biasanya menjelang Ramadhan, dan jelang Idul Fitri," kata Penty.
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021