Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Atlet menembak asal Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (19) berhasil menyabet medali perunggu dalam kejuaraan dunia menembak ISSF World Cup 2021 di New Delhi, India, 15-26 Maret.

"Alhamdulillah Vika yang juga atlet menembak andalan kami mampu mempersembahkan perunggu bagi Indonesia," kata Ketua Umum Perbakin Kabupaten Bekasi Batong Sulaeman di Cikarang, Bekasi, Minggu.

Batong mengatakan Vika, sapaan akrab Vidya Rafika merupakan atlet yang tengah menjalani pemusatan latihan nasional cabang olahraga menembak untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2021. Selama ini Vika menekuni nomor Air Rifle Match dan 3 position 50 meter putri. 

Baca juga: Vidya Rafika satu-satunya petembak wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo
Baca juga: Membidik emas di Negeri Sakura


Tiket Olimpiade Tokyo, kata dia, didapat Vika saat turun di ajang kejuaraan menembak Asia di Qatar 2019. Setelah hasil impresif itu, rentetan prestasi berhasil diraihnya, termasuk dua medali emas saat SEA Games 2019 Manila, Filipina.

"Kejuaraan dunia yang diikuti Vika merupakan salah satu uji coba untuk menghadapi Olimpiade Tokyo 2021. Selain dia, PB Perbakin juga mengirimkan beberapa atlet lainnya. Vika menjadi salah satu terbaik, dengan berhasil meraih medali ISSF," katanya menambahkan.

Selain Vika, kata Batong, atlet menembak Kabupaten Bekasi lainnya yaitu Lana dan Dominique juga tampil apik di Kejurnas Kasau Cup 2021 yang digelar secara virtual pada Rabu (24/3). Keduanya turun di nomor 10 meter Air Riffle Women Youth.

"Atlet binaan kita tampil bagus pada setiap kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional. Bagi kami, raihan prestasi yang diperoleh merupakan hasil kerja keras banyak pihak," pungkas Batong.

Baca juga: Gandeng LPDUK, Perbakin makin percaya diri gelar Grand Prix
Baca juga: Perbakin jaring atlet muda potensial lewat kejuaraan daring


 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021