Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginstruksikan jajarannya agar mengoptimalkan anggaran untuk kebutuhan dasar masyarakat.

Anies pada Senin membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota/Kabupaten Administrasi DKI Jakarta Tahun 2021 yang diselenggarakan secara daring.

Anies memberikan arahan agar seluruh jajaran mengoptimalkan anggaran yang ada. Hal itu karena ekonomi di Jakarta mengalami kontraksi luar biasa akibat pandemi dan pembatasan kegiatan yang diterapkan guna menekan penyebaran virus COVID-19.

"Di masa pandemi ini kita alami kontraksi ekonomi luar biasa sehingga yang menjadi prioritas kita adalah dengan anggaran yang ada seoptimal mungkin untuk kepentingan masyarakat (terutama pemenuhan kebutuhan dasar)," kata Anies.

Sebisa mungkin menyiapkan stimulus untuk menggerakkan perekonomian. "Jika ekonominya bergerak maka akan juga memberikan manfaat bagi kita melalui pajak," kata Anies.

Baca juga: Pemkot Jakut usul anggaran Rp761 miliar dalam Musrenbang 2021
Baca juga: Wali Kota Jakpus harapkan warga aktif usulkan kegiatan di musrenbang


Anies juga menekankan agar dalam musrenbang kali ini juga membahas upaya mewujudkan program prioritas yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat. Setiap usulan dan aspirasi di tiap-tiap kota/kabupaten administrasi nantinya juga harus sinkron dengan kebijakan provinsi.

"Saya ingin memastikan saja, semua janji (program prioritas) harus dipastikan terlaksana, karena itu komitmen yang sudah diterjemahkan ke RPJMD. Itu harus dipastikan berjalan dengan baik karena menyangkut kebutuhan dasar masyarakat," katanya.

Anies meminta jajaran Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI untuk membuat sistem informasi aspirasi.

Sistem informasi aspirasi ini bertujuan agar masyarakat mengetahui aspirasi mana yang sedang dikerjakan dan aspirasi mana yang membutuhkan waktu untuk mengerjakannya. Sehingga masyarakat dapat memantau kinerja pemerintah.

"Masyarakat kini memiliki kesadaran bahwa tak mungkin semua hal dikerjakan saat ini juga. Pembangunan perlu waktu dan prioritas, tapi itu bukan berarti kita tidak menginformasikan," kata Anies.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021