LAN dorong inovasi dan kapasitas pemerintahan

LAN dorong inovasi dan kapasitas pemerintahan

LAN bangun MoU dengan pemerintah daerah untuk mendorong inovasi sektor publik. (LAN)

Jakarta (ANTARA) -
Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya untuk mendorong inovasi sektor publik, baik di pemerintah pusat maupun daerah.
 
Kepala LAN Adi Suryanto dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mewujudkan inovasi administrasi negara yang berkualitas melalui pengembangan model inovasi serta penguatan kapasitas SDM dan kelembagaan.
 
Untuk itu, LAN menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah yaitu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Paser, Lombok Utara, Sorong, Pangkajene dan Kepulauan, Luwu Utara, Buton Selatan, Pemerintah Kota Pekanbaru, dan Baubau pada Maret ini.

Baca juga: LAN terbitkan aturan latihan dasar CPNS secara daring
 
Adi Suryanto menyampaikan bahwa garda depan pembangunan provinsi dan nasional itu ada di daerah kabupaten dan kota. Kolaborasi antardaerah dan pemerintah pusat ini sangat dibutuhkan terutama dalam menunjang pemerataan pembangunan.
 
"Jika pembangunan daerah maju maka pembangunan nasional juga akan ikut maju,” kata Adi Suryanto.
 
Kepala LAN menyampaikan pula keberhasilan inovasi tidak terlepas dukungan dan komitmen pimpinan untuk mengembangkan inovasi di daerahnya.
 
“Dukungan dan kolaborasi seluruh elemen baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk melakukan perubahan ini membuat sebuah gerakan inovasi secara masif dan terstruktur,” ucap Adi Suryanto.
 
LAN juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan beberapa pemerintah daerah di kawasan timur Indonesia, yaitu Pemerintah Kota Baubau, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Luwu Utara dan Buton Selatan.
 
Adi Suryanto menyampaikan perubahan dalam ritme pemerintahan yang bergerak cepat sebaiknya sejalan dengan pengembangan kapasitas sumber daya manusia aparatur.
 
Sebagai salah satu misi LAN untuk mewujudkan inovasi administrasi negara yang berkualitas melalui pengembangan model inovasi serta penguatan kapasitas budaya inovasi, maka jejaring kerja terus dikembangkan ke wilayah timur Indonesia.

Baca juga: Menteri PAN-RB ingin LAN jadi pembaharu administrasi negara
 
Bupati Tanimbar, Petrus Fatlolon menyebutkan kesadaran inovasi di tingkat pemerintah daerah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kinerja daerah yang memiliki fokus pada peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas kualitas pelayanan dan berorientasi pada kepentingan umum.
 
“Laboratorium inovasi yang dilakukan oleh LAN dapat memberikan optimisme kami Kabupaten Tanimbar dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang cepat, efektif, dan efisien,” kata dia.
 
Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur memaparkan kondisi Kabupaten Luwu Utara setelah dilanda bencana banjir. Kemampuan pemerintah dalam mengelola perbaikan terus diuji, oleh sebab itu diperlukan perbaikan kapasitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
 
”Harapan kami dengan adanya kerja sama ini akan meningkatkan jumlah inovasi yang akan lahir dan bisa berdampak pada efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan," katanya.
 
Kepala Biro Hukum dan Humas LAN Tri Atmojo Sejati menambahkan kerja sama tersebut tidak hanya terkait dengan inovasi sektor publik saja.
 
Tetapi, lanjut dia juga soal penyelenggaraan pelatihan, pelaksanaan kajian penelitian, pendidikan terapan melalui Politeknik STIA LAN, asesmen pegawai, dan berbagai kegiatan lain dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan kewenangan LAN dan pemerintah daerah.
 
“Hingga saat ini, sudah banyak kerja sama yang dijalin LAN dengan instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Kerja sama ini, tidak hanya berhenti pada formalitas penandatangan dokumen saja, namun sudah disiapkan berbagai program," ujarnya.

Baca juga: LAN serahkan sertifikat akreditasi pada 21 lembaga pelatihan

Baca juga: LAN meraih predikat Badan Publik Informatif 2020
Pewarta : Boyke Ledy Watra
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021