usulan tersebut telah disampaikan kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan sudah mendapatkan perhatian serius
Nunukan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengajukan usulan peningkatan fasilitas untuk rumah susun sewa (rusunawa) yang berlokasi di Jalan Ujang Dewa Kelurahan Nunukan Selatan kepada Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo yang tengah melakukan kunjungan kerja ke wilayah tersebut.

Rusunawa di Jalan Ujang Dewa selama ini  dipergunakan sebagai tempat penampungan  sementara bagi TKI korban deportasi maupun masyarakat yang terkena musibah bencana, kata Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid.

Baca juga: Gubernur Kalbar ingatkan masyarakat tidak ke Malaysia

Usulan ini disampaikan langsung kepada Doni yang tengah melakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi pencegahan penularan virus korona di wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, pada Selasa malam.

Berkaitan dengan usulan itu, Kepala BNPB menindaklanjuti dengan melakukan  kunjungan ke rusunawa tersebut bersama-sama Bupati Nunukan beserta jajaran pada Rabu.

Pada kesempatan itu, Doni langsung meminta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Nunukan untuk segera membuat kajian dan perencanaan terkait usulan tersebut.

Baca juga: PM Muhyiddin sebut Malaysia akan pastikan perlindungan TKI

Laura sapaan Bupati Nunukan juga menyampaikan kalau usulan tersebut telah disampaikan kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo dan sudah mendapatkan perhatian serius mengingat rusunawa tersebut memiliki peran penting sebagai lokasi penampungan TKI deportasi dari Sabah, Malaysia.

Usulan ini juga mendapatkan dukungan dari Balai Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Nunukan pada saat rapat koordinasi dengan Kepala BNPB di Kantor Bupati Nunukan.

Baca juga: BP2MI Nunukan akui masih banyak WNI menyebarang ilegal ke Malaysia

Kepala BP2MI Nunukan Kombes Pol Viktor Hotma Sihombing menyatakan dalam waktu dekat ini sebanyak 400 TKI akan dideportasi ke Kabupaten Nunukan sehingga dibutuhkan sarana prasarana di rusunawa yang cukup memadai untuk keperluan  karantina.

"Saya sudah perintahkan Disnakertrans untuk segera membuat rincian usulan kebutuhan kepada BNPB," kata Laura.

Laura juga meminta agar dalam usulan itu juga dimasukkan soal  pembangunan pagar Rusunawa agar masyarakat lebih nyaman dan aman saat mendiaminya

Pewarta: Rusman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021