Jakarta (ANTARA) - Penyanyi K-pop IU berbicara tentang perjalanannya belajar mencintai dirinya sendiri hingga sumber inspirasinya dalam bermusik di episode terbaru "You Quiz on the Block".

Solois dan aktris tersebut muncul sebagai tamu pada edisi spesial episode ke-100 dari program variety di tvN itu. IU membuka tentang berjuang untuk menerima dirinya sendiri selama masa mudanya, meskipun sukses besar sebagai selebriti.

Baca juga: IU akan hadirkan album baru pada 25 Maret

"Ketika saya masih muda, saya memiliki banyak kebencian pada diri sendiri. Bahkan jika saya mencapai hasil yang baik, sulit bagi saya untuk mencintai diri saya sendiri. Ketika saya berusia 25 tahun, itu adalah titik balik dalam hidup saya," kata IU dikutip dari Soompi, Kamis.

Ketika disinggung mengenai lagu-lagu populernya termasuk "Pallete", IU mengatakan bahwa ia mulai mengerti akan dirinya sendiri dan menuangkannya di lirik lagu.

"Alasan saya menulis lirik itu, adalah karena saya merasa tidak ada yang tersisa yang bisa membuat saya lebih kecewa pada diri sendiri, atau terkejut dengan diri saya sendiri. Saya akhirnya bisa menerima kekurangan dan kelebihan saya. Saya akhirnya bisa menyukai diri saya sendiri," kata penyanyi dengan nama asli Lee Jieun itu.

IU juga berbicara tentang inspirasi untuk lagu balada tahun 2017 yang dicintainya "Through the Night".

"Saat itu, saya sulit tidur," jelasnya. "Karena saya sendiri tidak bisa tidur nyenyak, kata-kata 'Tidur nyenyak' adalah ungkapan perasaan saya yang tulus. Karena saat itu, jika seseorang tertidur di hadapanku, aku merasa agak sedih."

"Ketika saya dan teman-teman berhenti menghubungi satu sama lain karena mereka pergi tidur, saya merasa semakin sulit untuk mendukung mereka tertidur," lanjut IU.

Penyanyi kelahiran 16 Mei 1993 itu kemudian mengungkapkan bahwa adik laki-lakinya menyembunyikan fakta bahwa saudara perempuannya adalah seorang superstar, merahasiakan identitasnya dari hampir semua kenalannya.

"Adik laki-laki saya baru saja mendaftar di militer. Sudah sekitar dua minggu. Dia menghabiskan seluruh hidupnya untuk menyembunyikan fakta bahwa aku adalah kakak perempuannya, dan dia tidak memberi tahu siapa pun kecuali teman-teman terdekatnya," kata IU.

"Dia masih merahasiakannya di militer. Tapi dia tidak bisa menahan fakta bahwa wajah kami terlihat mirip, dan namanya juga Lee Jong Hoon. Karena namanya cukup terkenal, beberapa orang sepertinya curiga, tapi dia mengatakan bahwa dia pura-pura tidak memperhatikan," pungkasnya.

Sementara itu, IU baru-baru ini meraih predikat "perfect all kill" untuk lagu terbarunya berjudul "LILAC", peraihan predikat itu merupakan kali kedua dalam sepak terjang penyanyi itu sepanjang 2021.

"LILAC" merupakan album kelima IU yang dirilis pada 25 Maret lalu, sementara dalam kurun waktu 2 hari lagunya yang juga berjudul "LILAC" langsung meraih predikat "all-kill" pada 27 Maret.



Baca juga: IU raih perfect all kill lewat "LILAC" dan teknologi Wuling Almaz RS

Baca juga: IU raih predikat "perfect all kill" untuk lagu terbarunya "LILAC"

Baca juga: Maret ini, Rose BLACKPINK hingga IU siap hadirkan lagu baru

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021