Jakarta (ANTARA News) - Ribuan warga lanjut usia (lansia) atau umur 60 tahun ke atas se-Jabodetabek mengikuti peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Taman Kridaloka, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

Peringatan HLUN yang diadakan PT Kalbe Farma bekerjasama Komnas untuk Lansia itu dibuka Direktur PT Kalbe Farma Herman Widjaja dan disaksikan Sekjen Komnas Lansia Toni Hartono dan pendiri PT Kalbe Farma Dr Boenjamin Setiawan dan dokter olahraga Sadoso S, SpKO.

Boenjamin Setiawan yang juga anggota Komnas Lansia menyatakan permasalahan masyarakat lansia adalah tanggung jawab semua pihak dan tidak dapat diserahkan semuanya kepada pemerintah.

"Saya rasa pemerintah sudah menunjukkan kepedulian dengan menganggarkan dana di APBN untuk lansia. Sudah saatnya semua pihak ikut aktif membantu para lansia," ujar Boen yang juga Senior Advisor PT Kalbe Farma Tbk.

Boen menyatakan saat ini jumlah lansia di Indonesia mencapai 17-18 juta jiwa. Jika tidak ada perhatian serius, maka lansia akan menjadi aset yang disia-siakan.

"Biaya sosial yang ditanggung keluarga dan negara terutama kesehatan menjadi salah satu hal yang harus dipecahkan bersama," katanya.

Boen memberikan contoh, beberapa negara dengan jumlah penduduk lansia banyak antara lain Jepang yang mencapai 27 persen dari penduduknya. China saat ini memiliki total lansia sebanyak 91 juta atau 7 persen dari 1,3 miliar penduduknya.

"Di negara-negara maju banyak program yang mengkaryakan lansia. Bahkan ada juga sekolah untuk lansia yaitu Third Ages University. Semua dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, akademisi dan komunitas," ujarnya.

Sementara itu, panitia peringatan HLUN dr Ita Widjajanti mengatakan, HLUN merupakan salah satu bentuk kepedulian PT Kalbe untuk Lansia Indonesia, yang diisi talk show tentang Sehat dan Aktif di Usia Tua dengan pembicara Dr Boen, Toni Hartono dan dr Sadoso, SpKO.

Dialog juga diisi dengan menampilkan salah satu pasangan lansia tertua dari Cirebon Jabar yaitu Kusaeri (104 tahun) dan istrinya (100 tahun) dan dihadiri artis senior Him Damsyik (81 tahun) dan sebelumnya diadakan senam sehat bersama dan pemeriksaan darah.

Setelah itu, acara dilanjutkan permainan berupa "Golden Memories" (menebak lirik lagu dan menyanyi bersama), "Golden Dance" (belajar dan dansa bersama dengan Him Damsyik), dan "Golden Creativity" (kreativitas untuk lansia).(*)
(Ant/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010