Saya perintahkan ibu-ibu se-Jabar untuk membeli produk-produk UMKM. Jadi kalau ada suaminya protes bilang saja, ini perintah Gubernur Jawa Barat
Bandung (ANTARA) - Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil memerintah ibu-ibu yang ada di provinsi itu untuk membeli produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai bentuk dukungan dalam kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Saya perintahkan ibu-ibu se-Jabar untuk membeli produk-produk UMKM. Jadi kalau ada suaminya protes bilang saja, ini perintah Gubernur Jawa Barat," kata Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil pada sambutan acara Karya Kreatif Jabar 2021 dan Pekan Kerajinan Jabar "UMKM Jabar Paten" di Kota Bandung, Sabtu.

Ridwan Kamil mengajak seluruh warga Jawa Barat untuk mengunggah satu produk UMKM di akun media sosial setiap harinya selama Kampanye Gernas BBI di wilayah Jabar sepanjang April 2021.

"Tolong bantu posting satu produk UMKM per harinya selama satu bulan ini di medsos seperti IG (Instagram) sebagai bentuk dukungan kita dalam Kampanye Gernas BBI di Jabar," ujar Kang Emil.

Baca juga: UMKM Jabar didorong manfaatkan belanja kementerian dan lembaga

Ia mengatakan ada 100 acara terkait Kampanye Gernas BBI di Jawa Barat. "Ada 100 acara dan kita ini menjadi yang paling produktif dalam menyelenggarakan acara ini," kata Ridwan Kamil.

Sebanyak 15.000 UMKM Jawa Barat akan terlibat dalam Gernas BBI dan Bangga Berwisata Indonesia (BWI) dengan tajuk "UMKM Jabar Paten UMKM Juara" selama April 2021 yang diselenggarakan secara secara daring maupun luring.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Kusmana Hartadji mengatakan ada 15.000 UMKM sudah dikurasi dari binaan Bank Indonesia perwakilan Jabar, Dinas KUK, dan Dekranasda.

Baca juga: Teten Masduki, Gernas BBI, dan keyakinan produk UMKM yang selalu paten

Kusmana optimistis kegiatan yang berlangsung selama sebulan itu bakal mendongkrak transaksi yang cukup besar. "Pengalaman di OPOP (One Pesantren One Product), saat itu digelar pameran virtual sehari.  Adapun jumlah transaksi yang terjadi hampir Rp 21 miliar," kata Kusmana.

Pembukaan Gernas BBI dan BWI Jabar dilaksanakan pada 3 April 2021 dan diselenggarakan pameran luring mulai  2-4 April 2021 di Atrium Trans Studio Mall Bandung.

Setelah pameran luring selesai, promosi dan penjualan  produk UMKM Jabar tetap dapat dilakukan melalui website www.karyakreatifjawabarat.com, kerabat store, e-marketplace borongdong.id, shopee, dan blibli.com, https//bicef.id, serta www.pagelarankreasipriangantimur.com.

Baca juga: Ridwan Kamil manfaatkan akun medsos pribadi kampanyekan Gernas BBI

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021