Pencarian bibit baru serta pembinaan atlet berprestasi terutama di Jatim harus terus dilakukan
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengimbau pengurus Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) tak berhenti memberi semangat kepada anak-anak muda untuk diajak gemar berolahraga menembak.

"Anak-anak muda di Tanah Air, khususnya di Jatim harus didorong menyukai olahraga ini," ujar Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono di sela menghadiri Kejuaraan Nasional Menembak Piala Pangdam V/Brawijaya Tahun 2021 di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, cara mengajak anak-anak muda gemar olahraga menembak antara lain dengan memperkenalkan cabang olahraga tersebut dalam setiap kesempatan sehingga membuat tertarik.

Baca juga: Vidya Rafika sabet perunggu di kejuaraan dunia India

Anak muda, kata dia, sekarang lebih suka bermain gawai, bahkan ada yang sampai ketergantungan sehingga dengan mengajak mereka melakukan aktivitas fisik diharapkan bisa mengurangi ketergantungan itu.

Sementara itu, Kejurnas Menembak Piala Pangdam V/Brawijaya Tahun 2021 bertajuk "Online dan Cluster System Competition" digelar di Lapangan Tembak Brawijaya di Jalan Gajah Mada 1 Surabaya.

Kejuaraan mempertandingkan lomba perorangan menembak "Pistol Eksekutif" dengan jarak 20 meter dan seluruh peserta wajib mengikuti aturan protokol kesehatan.

Pak Carik, sapaan akrab Sekdaprov Jatim ikut dalam perlombaan di kelas Pistol Eksekutif, namun berdasarkan penilaian ia menempati urutan ke-11 dengan nilai 28.

Baca juga: Vidya Rafika satu-satunya petembak wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo

Setelah melakukan tembakannya, mantan Bupati Tulungagung dua periode itu berterima kasih dan mengapresiasi atas diselenggarakannya kejuaraan tersebut.

Ia berharap lomba dapat melahirkan atlet-atlet olahraga menembak berprestasi dari Jatim agar mampu berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

"Pencarian bibit baru serta pembinaan atlet berprestasi terutama di Jatim harus terus dilakukan. Apalagi atlet Jatim sering berprestasi tak hanya di ajang olahraga tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON), tapi juga di tingkat internasional seperti SEA Games maupun Asian Games," tutur Heru.

Baca juga: Membidik emas di Negeri Sakura

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021