Tips koleksi sepatu agar awet & rapi setiap saat

Tips koleksi sepatu agar awet & rapi setiap saat

Ilustrasi sepatu (Pixabay) (Pixabay/)

Jakarta (ANTARA) -- Setiap kolektor pasti mengerti bagaimana berartinya setiap pasang sepatu yang ada, sehingga tidak heran ya kalau banyak orang rela mengeluarkan budget besar untuk membuat koleksi tetap awet dan tahan lama.

Namun terkadang hal di atas sulit dilakukan terlebih lagi saat memiliki ratusan pasang sepatu yang sudah memenuhi lemari. Kalau sudah begini mau tidak mau kamu harus mempunyai solusi untuk menyimpannya. 

Pertama di atas segalanya yang harus dilakukan adalah mencoba untuk memutuskan berapa banyak pasang sepatu yang ingin kamu pajang, dan mana yang akan disimpan dalam kotak. Dengan cara ini tentunya akan membantu untuk menentukan jenis rak sepatu yang cocok, serta membuat semuanya tertata dengan rapi.

Kedua karena sepatu koleksi ini merupakan pajangan maka atur koleksi kamu dengan memadukan warna-warna atau gaya yang serupa. Misalnya untuk penyuka sneaker maka satukan sepatu olahraga pada rak yang paling atas, sementara itu jenis alas kaki yang memiliki gaya casual berada pada susunan setelahnya. Jangan lupa untuk memberikan ruang agar tidak terlihat berantakan. 

Nah, setelah mengatur alas kaki sesuai jenisnya, tidak ada salahnya untuk menambahkan lampu yang mampu menonjolkan keindahan koleksi kamu. Dengan cara sederhana ini akan membuat tampilan yang lebih eksklusif.

Setelah melakukan hal hal di atas, berikutnya pastikan untuk melindungi sepatu kamu dari paparan sinar UV yang dapat merusak bahan. Batasi juga udara yang masuk ke dalam lemari, untuk mencegah oksidasi dan karet menguning. Sehingga sangat disarankan untuk meletakkannya pada lingkungan yang memiliki kelembaban rendah. 

Untuk menahan udara yang masuk kamu bisa memanfaatkan vakum atau hair dryer untuk menghilangkan semua udara yang ada. Namun hindari memanaskan terlalu lama agar tidak merusak alas kaki. 

Sementara itu ada juga sebagian orang yang gemar menyimpan sepatu dalam kotak, dengan alasan lebih aman dan rapi. Memang ada benarnya, meskipun tidak secara keseluruhan. Pasalnya ini bukanlah cara terbaik yang dapat kamu lakukan, karena koleksi yang tersimpan dalam dus tentunya memiliki cara penyimpanan yang cukup rumit. 

Point pertama yang harus dipastikan adalah keluarkan bagian kertas, yang umumnya memiliki keasaman dan berpotensi membuat alas sepatu menjadi kuning. Tapi jika ingin tetap mempertahankan kertas tersebut tambahkan tissue bebas asam di dalam kotak. 

Agar dapat menyerap uap air secara maksimal tambahkan juga gel silika ke dalam tempat penyimpanan, dengan catatan gunakan secukupnya agar tidak membuat bahan alas sepatu menjadi retak. Untuk menjaga keawetan koleksi kamu, keluarkan sesekali dari lemari setelah beberapa bulan.

Ya, itulah tips pintar yang dapat membuat alas kaki kesayangan kamu bisa bertahan lama. Namun tahukah kamu ternyata mengetahui informasi ini saja tidak cukup loh! Karena kamu juga harus mendukungnya dengan furniture yang terbaik seperti dari Ruparupa

Ruparupa adalah e-commerce dengan konsep one stop solution, yang menyediakan aneka keperluan furniture, rumah tangga hingga gaya hidup. Melalui platform ini juga setiap penggunanya dapat menemukan penawaran eksklusif seperti potongan harga, cashback dan gratis ongkir, yang amat sayang jika dilewatkan. Tunggu apalagi, yuk bergabung menjadi Ruppers sekarang juga!
 

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021