Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat volume lalu lintas (lalin) di Jalan Tol Trans Sumatera mengalami peningkatan selama liburan Paskah.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya, J. Aries Dewantoro mengatakan bahwa volume lalu lintas kendaraan yang cukup tinggi diperkirakan dikarenakan berdekatan dengan libur akhir pekan sehingga libur menjadi cukup panjang.

"Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, volume kendaraanya jauh lebih tinggi mengingat libur paskah kali ini berdekatan dengan akhir pekan,” ujar Aries dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) mencatat puncak volume lalu lintas kendaraan yang melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra terjadi pada hari Kamis (01/04), dimana sebanyak 6.228 kendaraan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar.

Jika dibandingkan dengan puncak libur Paskah di tahun sebelumnya yang hanya 1.950 kendaraan, volume lalu lintas kendaraan di tahun ini justru mengalami peningkatan sebesar 219,38 persen.

Total kendaraan yang melintas di JTTS melalui pintu masuk GT Bakauheni Selatan sejak hari Kamis (01/04) hingga Minggu (04/04) mencapai 23.210 kendaraan.

“Untuk puncak arus balik kendaraan yang keluar dari Pulau Sumatra kembali ke Pulau Jawa terjadi pada hari Minggu (04/04) dimana tercatat sebanyak 7.755 kendaraan yang melintas di jalur arus balik JTTS melewati Exit Tol Bakauheni Selatan,” kata Aries.

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelola dengan mewajibkan seluruh petugas menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset.

Kemudian melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area serta memberikan fasilitas cek kesehatan gratis dimana pengguna jalan tol tidak hanya di cek suhu tubuhnya, tapi juga dapat mengecek kondisi kesehatannya.


Baca juga: Arus balik libur Paskah, volume lalin Tol Cipali naik 23,13 persen

Baca juga: Arus balik libur Paskah, Tol Jakarta-Cikampek diterapkan "contraflow"

Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek padat sambut libur panjang Paskah

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021