Jakarta (ANTARA) - Bali United Basketball Club memperbesar asa mereka melangkah ke babak playoff Liga Bola Basket Indonesia (IB) 2021 selepas menundukkan Louvre Dewa United Surabaya 77-65 dalam pertandingan pertama kedua tim pada seri keempat di gelembung Robinson Resort, Bogor, Senin.

Menutup kuarter pertama dalam keadaan tertinggal 14-23, Bali United terus berupaya mengejar pada kuarter berikutnya.

Namun Louvre masih memimpin berkat tambahan 17 poin yang dibukukan pada kuarter kedua untuk menutup babak pertama dengan skor 47-31.

Selepas jeda, pertahanan Louvre mulai kendur. Mereka juga beberapa kali gagal mencetak poin, baik dari dekat keranjang maupun luar busur.

Situasi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain Bali United untuk menipiskan jarak ketertinggalan menjadi 50-56 di kuarter ketiga.

Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita Jaya sempurnakan kemenangan pada seri III

Bali United menggebrak pada awal kuarter akhir berkat tembakan dua angka dari Joseph Desmet, Yosua dan Surliyadin untuk menyamakan kedudukan menjadi 56-56.

Jamarr Andre Johnson mengembalikan keunggulan Louvre, namun tembakan bebas Surliyadin dan Yerikho serta jump shot Koming membawa Bali United kembali memimpin 62-58 pada sisa waktu kurang dari lima menit.

Bali United semakin menjauhkan margin berkat tripoin Surliyadin dan layup Yerikho Tuasela. Hingga pada akhirnya, three-point play dari Lutfi menutup laga untuk kemenangan Bali United 77-65.

Surliyadin menjadi pendulang angka terbanyak bagi kemenangan Bali United dengan raihan double-double 17 angka dan 10 rebound, disusul oleh Yerikho Tuasela dengan 22 angka, dan Ponsianus Nyoman Indrawan 11 poin.

Baca juga: Satria Muda serius jalani seri akhir meski sudah lolos playoff

Di kubu Louvre, Jamarr Andre Johnson mencetak double-double 26 angka dan 14 rebound. Kevin Moses mengemas 15 poin dan Dio Tirta Syahputra menyumbang 13 angka.

Berkat kemenangan itu, Bali United kini menggeser posisi Louvre di peringkat kedua klasemen sementara Divisi Merah dengan kedua tim sama-sama mengoleksi 21 poin dari delapan kemenangan dan lima kekalahan.

Persaingan perebutan tempat playoff di Divisi Merah masih berlangsung ketat di antara tiga tim, yakni Louvre, Bali United, dan Bima Perkasa Jogja. Sementara satu tiket hampir dipastikan menjadi milik Pelita Jaya.

Baca juga: Klasemen IBL 2021: Pelita Jaya geser Louvre untuk kuasai Divisi Merah
Baca juga: Hasil IBL: NSH buka peluang playoff, Hangtuah habis


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021