Badung akan lanjutkan vaksinasi fase kedua setelah zona hijau tuntas

Badung akan lanjutkan vaksinasi fase kedua setelah zona hijau tuntas

Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada pedagang pasar di kawasan Jimbaran, Badung, Bali, Sabtu (6/3/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, berencana akan melanjutkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di luar zona hijau yang meliputi Desa Ungasan, Kutuh dan Pecatu setelah pelaksanaan vaksinasi pada zona hijau tuntas.

"Kami beserta petugas vaksinator dan dinas terkait akan terus bergerak untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Badung terlebih dalam menuntaskan pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat guna mewujudkan zona hijau khususnya di wilayah Kuta Selatan," ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam keterangan yang diterima di Mangupura, Selasa.

Ia mengatakan, untuk mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi fase kedua, ia meminta kerja sama dan sinergitas dari seluruh pihak terkait di wilayah Kuta Selatan yang menjadi tempat vaksinasi agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.

Wabup Ketut Suiasa juga meminta agar pelaksanaan vaksinasi fase kedua dapat dibuatkan skema untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat mempermudah petugas Dinas Kesehatan dan vaksinator dalam melakukan vaksinasi COVID-19.

"Apabila seluruh masyarakat Badung sudah divaksin, tentunya akan memberi kepercayaan diri kepada kita dan masyarakat apalagi dalam menyambut pembukaan kembali sektor pariwisata," katanya.

Menurut dia, untuk membangun Badung yang kuat, sehat menuju masyarakatnya yang sejahtera, dapat dilakukan dengan gerak cepat dan tepat agar seluruh wilayah di Badung bebas COVID-19 serta segera menjadi Zona Hijau.

Pemkab Badung juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bali dan pemerintah pusat agar vaksin dapat terus diupayakan tersedia untuk Kabupaten Badung.

"Saya minta kepala desa juga dapat menyiapkan tempat yang representatif untuk kelancaran vaksinasi nanti. Inilah yang harus kami buat skema bersama agar saat dilakukan vaksinasi tidak terjadi kesalahpahaman serta penumpukan warga saat vaksinasi," ungkap Wabup Suiasa.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Badung, Nyoman Gunarta mengatakan, kesiapan pelaksanaan vaksinasi fase dua di tiga tempat di Kuta Selatan yaitu di Kutuh, Ungasan dan Pecatu tinggal menunggu vaksin dari pusat .

"Kalau hari ini vaksin itu datang, hari ini juga kami lakukan vaksinasi. Dan bila besok hari vaksin itu datang, besok juga kami bergerak melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: BPOM lakukan pengawasan pengelolaan vaksin COVID-19 di Badung

Baca juga: Bupati Badung yakinkan vaksinasi COVID-19 aman

Baca juga: Wagub Bali: Vaksinasi di tiga kawasan zona hijau hampir 100 persen

Pewarta : Naufal Fikri Yusuf
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021