pohon yang ditanam tersebut juga dapat mengurangi dampak abrasi serta arus gelombang tsunami ketika menerjang daerah itu.
Pariaman (ANTARA) - Sebanyak 800 pohon pelindung dari berbagai jenis ditanam di pantai Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumatera Barat, saat kunjungan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ke daerah itu.

"Jenisnya macam-macam, ada pinago, ketapang laut dan pale. Ketapang ini dibawa langsung dari Bogor oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan dengan banyaknya jumlah pohon yang ditanam tersebut maka kawasan itu akan rindang dan sejuk sehingga dapat menjadi destinasi wisata baru di Pariaman.

Selain itu, pohon yang ditanam tersebut juga dapat mengurangi dampak abrasi serta arus gelombang tsunami ketika menerjang daerah itu.

"Hal ini memang pesan dari Kepala BNPB Doni Monardo agar memperbanyak pertahanan vegatasi," katanya.

Adapun jenis dan jumlah masing-masing pohon yang ditanam tersebut yaitu ketapang laut 300 batang, pale 100 batang, dan pinago 400 batang.

Penanaman pohon tersebut dilaksanakan setelah Wapres meresmikan Pasar Rakyat Pariaman. Wapres juga sempat menanam pohon di lokasi itu.

Genius menambahkan pihaknya memerintahkan dinas terkait untuk merawat pohon yang ditanam tersebut sehingga dapat tumbuh.

Sebelumnya Wapres Ma'ruf Amin beserta rombongan tiba di Kota Pariaman, Sumatera Barat dalam agenda meresmikan Pasar Rakyat Pariaman dan sejumlah kegiatan lainnya.

Wapres dan rombongan tiba di lokasi Pasar Rakyat Pariaman sekitar pukul 10.20 WIB. Sebelum tiba di pasar, Wapres dan rombongan terlebih dahulu mengunjungi pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Selain melihat pelaksanaan vaksinasi dan meresmikan Pasar Rakyat Pariaman Wapres juga sekaligus meresmikan Labor Olahraga UNP, dan terakhir penanaman pohon di Pantai Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan
 

Pewarta: Aadiaat M.S
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021