Jakarta (ANTARA) - Bank BPD DIY Bima Perkasa menjaga asa mereka lolos ke playoff Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 setelah membungkam NSH Mountain Gold Timika 70-66 lewat babak tambahan waktu (overtime) pada lanjutan seri keempat di gelembung Robinson Resort, Bogor, Selasa.

Bima Perkasa sebetulnya sempat tertinggal 22-36 pada babak pertama. Namun skuad asuhan David Singleton itu bangkit pada kuarter ketiga dengan mencetak 22 angka untuk memotong jarak jadi 44-51, demikian catatan resmi IBL.

Memasuki kuarter keempat, Bima Perkasa meningkatkan pertahanan dan serangan mereka dengan membukukan delapan angka tanpa balas untuk meyamakan kedudukan jadi 53-53.

Kedudukan kembali imbang 58-58 saat waktu tersisa tinggal dua menit tiga detik. Namun laga harus dilanjutkan dengan babak tambahan 10 menit setelah skor imbang tersebut bertahan hingga akhir kuarter keempat.

NSH sempat mengambil alih keunggulan pada kedudukan 64-63 sebelum tripoin Indra dan layup Adhit membawa Bima Perkasa kembali memimpin.

NSH hanya mampu merespons lewat tiga lemparan bebas pada sisa waktu periode tersebut. Sementara Indra menambah tiga angka di sisa lima detik untuk memastikan kemenangan Bima Perkasa.

Baca juga: Bali United perbesar asa ke playoff setelah tundukkan Louvre

Pelatih kepala Bima Perkasa David Singleton mengatakan kemenangannya tersebut diraih karena para pemain menjalankan game plan dengan baik.

"Saya memberi tantangan pada para pemain saat jeda antar babak. Mereka kemudian bermain bagus menjalankan game plan dan semua pemain memberikan kontribusi," kata David.

Azzaryan Pradhitya atay Adith menjadi top skor Bima Perkasa dengan 20 poin. Indra Muhammad menambahkan dengan raihan double-double 19 poin dan 11 rebound. Galank Gunawan juga mencapai double-double dengan 15 poin dan 18 rebound.

Andre Rorimpandey jadi pencetak angka terbanyak bagi NSH lewat torehan 24 angka, diikuti Ebrahim Enguio Lopez atau Biboy dengan 21 poin.

Bima Perkasa kini telah mengumpulkan 20 poin dari tujuh kemenangan dan enam kekalahan. Mereka berjarak satu poin dari Louvre Surabaya dan Bali United yang sama-sama mencatatkan delapan menang dan lima kalah.

Sementara bagi NSH kekalahan ini menutup peluang mereka tampil di babak playoff, terlebih pesaing terdekatnya, yakni West Bandits Solo berhasil mengantungi kemenangan usai mengalahkan Satya Wacana Saints Salatiga pada gim penutup hari ini.

Baca juga: Pelita Jaya catat sembilan kemenangan berturut-turut

Pada pertandingan yang berlangsung lebih awal, Pelita Jaya Bakrie Jakarta mencatatkan sembilan kemenangan secara beruntun selepas membungkam Prawira Bandung 81-79.

Selanjutnya, Amartha Hangtuah Jakarta akhirnya bisa merasakan kemenangan keduanya setelah melewati duel sesama tim papan bawah, Pacific Caesar Surabaya. Hangtuah menang 90-58.

Pada pertandingan penutup, West Bandits Solo mengamankan playoff setelah menang 82-79 atas Satya Wacana Saints Salatiga lewat dua kali babak overtime.

Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita dan Satria Muda selangkah lagi ke semifinal

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021