FHCI dorong penyelarasan remunerasi, tunjangan, hingga fasilitas BUMN

FHCI dorong penyelarasan remunerasi, tunjangan, hingga fasilitas BUMN

Ilustrasi - Gedung Kementerian BUMN. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nz

Jakarta (ANTARA) - Forum Human Capital Indonesia (FHCI) akan mendorong kebijakan penyelarasan remunerasi, tunjangan, dan fasilitas, di perusahaan-perusahaan BUMN.

"Kita memang mencatat ada tantangan dari sisi internal di lingkungan BUMN bahwa memang masih ada disparitas antar-BUMN. Terkait hal ini kami akan merespons ke depan dengan penyelarasan kebijakan," ujar Ketua Umum FHCI periode 2021-2024 Alexandra Askandar dalam konferesi pers di Jakarta pada Rabu.

Menurut dia, kalau ingin menargetkan SDM unggul di perusahaan BUMN harusnya hal tersebut terjadi di semua BUMN.

Baca juga: FHCI diharapkan jadi inspirator era kekinian pengelolaan SDM

Kebijakan akan menjadi jawaban bagaimana mengurangi kesenjangan antara BUMN, antara remunerasi, tunjangan, dan fasilitas, yang mungkin saat ini masih berbeda-beda di BUMN.

"Dengan demikian talenta dari satu BUMN akan siap untuk juga mendukung di BUMN-BUMN lain dengan adanya kebijakan penyelarasan dari sisi fasilitas, tunjangan, dan renumerasi," kata Alexandra.

Sebelumnya Deputi SDM dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menyampaikan Kementerian BUMN menyadari terdapat disparitas sangat besar antar-BUMN, ada BUMN yang maju pesat, namun di sisi lain ada juga BUMN yang tertinggal.

Baca juga: Program magang bersertifikat FHCI diikuti 16.000 mahasiswa hingga Juni

Alex berharap hanya dengan membuat arsitektur human capital yang sama, hal tersebut bisa diakselerasi.

Kementerian BUMN sendiri akan membangun tujuh elemen besar arsitektur SDM atau human capital BUMN dalam rangka mempercepat transformasi BUMN-BUMN.

Alex mengatakan bahwa tujuh elemen arsitektur human capital kalau didesain bersama-sama bisa mengakselerasi percepatan transformasi di BUMN-BUMN secara bersama-sama.

Baca juga: Kementerian BUMN harapkan magang masuk kurikulum perguruan tinggi
 
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021