Legislator nilai progres Tol Pekanbaru-Bangkinang sesuai target

Legislator nilai progres Tol Pekanbaru-Bangkinang sesuai target

Pembangunan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang sebagai bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera. ANTARA/Dokumentasi Hutama Karya.

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Arya Bima menilai progres pembangunan jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Bangkinang berjalan sesuai target.

“Komisi VI melihat langsung progres pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, sejauh ini sudah berjalan bagus dan sesuai target, aspalnya juga baik. Tentu kita ingin agar proyek ini segera rampung karena dapat mempermudah akses masyarakat dan mobilitas barang,” kata Arya Bima dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Legislator itu meminta agar pihak pengelola memperhatikan kualitas ketahanan jangka panjang dari pembangunan jalan tol tersebut.

Arya Bima menilai kondisi tanah yang digunakan untuk membuat tol memiliki karakteristik berbeda, sehingga akan berdampak terhadap kerusakan jalan pada kemudian hari.

“Sesuai info, kondisi tanah di sini memiliki karakteristik berbeda-beda. Ada yang biasa dan gambut, sehingga akan berpengaruh terhadap kualitas jalan nantinya. Seperti yang diketahui proyek ini menelan anggaran yang cukup besar, sehingga bisa lebih baik apabila kondisi jalannya bertahan hingga sekian lama,” ujarnya.

Baca juga: Anggaran tol Padang-Pekanbaru dialihkan ke Bangkinang atau Medan

Diketahui Tol Pekanbaru-Bangkinang melintasi lima kecamatan dan 23 desa di Kabupaten Kampar, Riau, di antaranya, Kecamatan Tambang, meliputi Desa Rimbo Panjang, Kualu Nenas, Sungai Pinang, Kuapan dan Kecamatan Kampar Timur serta Desa Pulau Birandang.

Kemudian proyek jalan tol ini juga melalui Kecamatan Rumbio Jaya, meliputi Desa Bukit Kratai, Naga Beralih, Kayu Aro dan Sawah. Selanjutnya Kecamatan Kampar Utara meliputi Desa Sungai Jalau, Muara Jalai, Sungai Tonang. Terakhir Kecamatan Bangkinang di Desa Pasir Sialang.

Sebelumnya PT Hutama Karya (Persero) optimis konstruksi ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang sebagai bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera selesai tahun ini.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan menyampaikan progres signifikan konstruksi Tol Pekanbaru-Bangkinang tak lepas dari komitmen kontraktor yakni PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) untuk terus mengebut pekerjaan.

Baca juga: Hutama Karya optimistis ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang tuntas tahun ini
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021