Kami harapkan pada tahun ini Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sudah bisa dibuka secara keseluruhan
Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. berharap Jalan Tol Cimanggis-Cibitung dapat dibuka seluruhnya pada tahun ini dalam rangka menghemat waktu tempuh serta biaya logistik.

"Kami harapkan pada tahun ini Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sudah bisa dibuka secara keseluruhan," ujar Direktur Utama Waskita Karya Destiawan Soewardjono dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

Menurut Destiawan, saat ini baru seksi I Tol Cimanggis-Cibitung yakni ruas Cimanggis-Transyogi sepanjang 2,8 km yang telah beroperasi sejak 28 November 2020.

"Tol Cimanggis-Transyogi merupakan bagian dari Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di mana hanya sebagian yang telah kami buka kurang lebih 2,8 km," katanya.

Ia menilai kehadiran Tol Cimanggis-Cibitung dapat membantu untuk mengurangi kepadatan dari tol Cikampek yang menuju Jakarta atau mengarah ke Bogor tanpa harus melalui Jakarta.

Selain itu kehadiran Jalan Tol Cimanggis-Cibitung ini juga bisa menghemat waktu tempuh serta biaya logistik.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR menjelaskan Jalan Tol Cimanggis - Cibitung itu melengkapi jaringan jalan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Jalan Tol Cimanggis - Cibitung dikelola oleh PT Cimanggis Cibitung Tollways secara keseluruhan memiliki total panjang 26,18 Km dan merupakan bagian dari salah satu akses tol JORR 2.

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, yaitu Seksi 1a ruas Junction Cimanggis - On/Off Ramp Jatikarya / Transyogi sepanjang 3,17 Km dan Seksi 2 ruas On/Off Ramp Jatikarya - Junction Cibitung sepanjang 23,01 km.

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung merupakan salah satu akses yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Setelah pembangunan enam ruas jalan tol yang terintegrasi di dalam akses Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 rampung, harapannya dapat menjadi solusi dalam mengatasi kemacetan di jalan tol JORR 1 yang sudah terbangun.

Kehadiran Jalan Tol Cimanggis - Cibitung memberikan peran penting dalam mendukung jalur logistik menuju ke kawasan industri.

Baca juga: Waskita optimistis bisnis konstruksi 2021 profitable

Baca juga: Waskita terapkan teknologi BIM di jalur dwi ganda Manggarai-Jatinegara

Baca juga: Waskita lepas 20 persen saham Tol Semarang-Batang, raup Rp1,5 triliun

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021