Jakarta (ANTARA) - Tim Bank BPD DIY Bima Perkasa memperbesar peluang mereka lolos babak playoff Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 setelah membekuk Prawira Bandung 50-44 dalam lanjutan seri keempat di gelembung Robinson Resort, Bogor, Jumat.

Meski memetik kemenangan, Bima Perkasa masih tertahan di posisi keempat klasemen sementara Divisi Merah dengan koleksi 23 poin, di bawah Louvre Dewa United Surabaya (24) dan Bali United (24) yang sama-sama sedang memburu tiket ke playoff.

Sementara itu, Prawira bermain tanpa beban karena mereka sudah dipastikan lolos playoff dengan koleksi 24 poin dan menempati urutan ketiga klasemen Divisi Putih.

Indra Muhammad jadi penyumbang angka terbanyak dalam kemenangan Bima Perkasa lewat 19 poin dan sembilan rebound, diikuti Restu Dwi Purnomo dan Sammuel Devin Susanto yang masih-masing menyumbang 12 poin.

Baca juga: Hasil IBL: Bali United dan Louvre terus jaga asa playoff
Baca juga: Pelita Jaya kewalahan tundukkan Indonesia Patriots


Sementara di kubu Prawira, motor serangan Abraham Damar Grahita menjadi satu-satunya pemain yang mencetak dua digit angka lewat raihan 13 poin, demikian catatan resmi IBL.

Prawira sempat memimpin 6-0 hingga menit ketiga kuarter pertama sebelum Bima Perkasa menyamakan kedudukan jadi 8-8 pada sisa waktu empat menit.

Namun selepas itu, penyelesaian akhir para pemain Prawira tak berjalan dengan baik. Tercatat, sepanjang laga mereka hanya mampu mengkonversi 13 dari 38 upaya tembakan dekat keranjang. Bima Perkasa pun menutup kuarter pertama dengan skor 18-8.

Keunggulan tersebut mampu dijaga pada periode berikutnya. 13 poin tambahan memastikan Bima Perkasa tetap menutup babak pertama dalam keunggulan 31-23.

Prawira tampak bangkit pada kuarter ketiga dan memangkas jarak ketertinggalan menjadi 37-38 pada sisa waktu dua menit 11 detik berkat dua layup Diya'ul Haq, dua lemparan bebas Abraham Damar dan tripoin Raymond Shariputra.

Prawira bahkan sempat menyeimbangkan kedudukan 38-38 saat Hans Abraham memanfaatkan hadiah lemparan bebas akibat technical foul yang dilakukan pemain Bima Perkasa. Namun poin dari Devin Susanto membawa Bima Perkasa unggul dua angka untuk menutup kuarter ketiga 40-38.

Baca juga: Arki bawa Satria Muda tundukan Bima Perkasa lewat perpanjangan waktu
Baca juga: Hasil IBL 2021: Bima Perkasa jaga asa playoff setelah bungkam NSH


Bima Perkasa membuka poin pada kuarter keempat lewat layup dari Devin. Laga berlangsung kering selepas itu dan tim asuhan David Singleton itu baru menambah poin lagi pada menit keempat lewat dua tembakan bebas Tifan Pradita.

Dua lemparan gratis Abraham Damar menipiskan jarak ketertinggalan Prawira jadi 40-43 sebelum layup dan jumpshot yang masing-masing dilesakkan Indra dan Isman menambah selisih jadi 47-40.

Three-point play Devin pada saat buzzer melebarkan jarak Bima Perkasa jadi 50-44 pada sisa waktu tersisa 24 detik dan memastikan kemenangan Bima Perkasa dengan skor 50-44.

Bima Perkasa punya misi wajib menang menghadapi Pacific Caesar pada Sabtu (10/4) jika ingin menjaga peluang lolos playoff.

Namun mereka masih tetap harus menunggu hasil pertandingan Louvre Surabaya dan Bali United. Louvre akan berjumpa Indonesia Patriots, sedangkan Bali United akan melawan Satria Muda.

Jika salah satu dari Bali United maupun Louvre terpeleset di laga pemungkasnya, posisi mereka terancam disalip oleh Bima Perkasa yang punya keunggulan head-to-head dari kedua tim.

Baca juga: Pelita Jaya catat sembilan kemenangan berturut-turut
Baca juga: Hasil IBL 2021: Pelita dan Satria Muda selangkah lagi ke semifinal


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021