Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya memberikan nilai tambah serta berinovasi dalam hal teknologi digital sehingga dapat membantu upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) menerima penghargaan Special Recognition kategori Digital Shifting dalam acara Anugerah BUMN 2021 karena dinilai mampu menerapkan transformasi digital untuk bertahan di masa pandemi COVID-19.

Penghargaan tersebut diserahkan CEO Nielsen Indonesia Agus Nurudin dan diterima oleh Direktur SDM, Teknologi dan Informasi Peruri Gandung Anggoro Murdani dalam acara penghargaan yang digelar di Jakarta, Kamis (8/4).

"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berupaya memberikan nilai tambah serta berinovasi dalam hal teknologi digital sehingga dapat membantu upaya peningkatan efektivitas dan efisiensi perusahaan-perusahaan di Indonesia," kata Gandung dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Terapkan solusi digital, Peruri teken MoU dengan Kementerian ATR/BPN

Program transformasi digital yang dijalankan Peruri merupakan buah konsistensi Peruri dalam menerapkan kompetensi utamanya sebagai perusahaan penjamin keaslian.

Sejak 1971 Peruri telah dipercaya pemerintah untuk menjaminkan keaslian uang rupiah serta beberapa dokumen vital lainnya seperti paspor, meterai, pita cukai dan sertipikat tanah.

Saat ini Peruri telah meningkatkan kemampuannya dalam menjaminkan keaslian produk atau dokumen elektronik melalui tiga lini produknya yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust.

Di tengah kondisi pandemi dan diterapkannya pola kerja Work From Home, Peruri mengandalkan produk yang telah diluncurkan sejak 2019 yaitu tanda tangan digital (Peruri Sign) untuk mempermudah proses penandatanganan dokumen.

Baca juga: Peruri ekspor perdana uang kertas Soles Peru

Peruri Sign, disebut Gandung, banyak membantu perusahaan menjalankan operasional dan menjaga kinerjanya di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pelanggan produk digital Peruri sepanjang 2020 adalah sebanyak 105 perusahaan, yang 10 di antaranya adalah BUMN dengan aset terbesar.

Di internal perusahaan sendiri, Peruri telah banyak melakukan digitalisasi dalam menjalankan proses bisnis. Transformasi digital dilakukan semata-mata untuk meningkatkan efektivitas sejalan dengan program efisiensi biaya operasional perusahaan.

Penghargaan Anugerah BUMN 2021 merupakan penyelenggaraan tahun ke-10 yang secara sukses berhasil dilaksanakan oleh BUMN Track dan didukung oleh PPM Manajemen dalam memberikan apresiasi pada para perusahaan BUMN untuk terus berinovasi dan bertransformasi untuk kemajuan negara Indonesia.

Penghargaan yang mengusung tema Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi itu merupakan ajang untuk mengapresiasi kontribusi BUMN yang telah menunjukkan kiprah transformasi dan strategi unggul untuk bertahan di masa pandemi.



 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021