Muktamar XIII Pemuda Persis diharapkan jadi "kalimatun sawa"

Muktamar XIII Pemuda Persis diharapkan jadi

Pemuda Persatuan Islam (Persis) mengangkat tema "Teladan Pembangun Peradaban" dalam Muktamar XIII.

Jakarta (ANTARA) - Muktamar XIII Pemuda Persatuan Islam (Persis) yang mengangkat tema "Teladan Pembangun Peradaban" diharapkan jadi pemersatu (kalimatun sawa).

"Teladan Pembangun Peradaban, tema yang diangkat ini diharapkan menjadi tema pemersatu (kalimatun sawa) seluruh muktamirin, sehingga melahirkan tanggung jawab moral bersama dalam diri kader akan tugas penting yang ada di setiap pundak anggota Pemuda Persis," demikian Pemuda Persis dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Disampaikan, tema itu pun diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia, mengingat lekatnya Pemuda Persis sebagai gerakan yang menginspirasi pada hal-hal positif dan produktif.

Baca juga: Didukung PUI untuk capres, Aher bilang amin

"Tidak bisa kita pungkiri bersama bahwa hari ini urgensi keteladanan kian penting dan genting terlebih bagi bangsa ini akan menghadapi bonus demografi," katanya.

Tak terkecuali, lanjutnya, dalam kondisi pandemi saat ini bagaimana kiprah pemuda harus dapat menjadi teladan yang memberikan dampak positif bagi penanganan COVID-19 hingga berbagai dampak sosial yang dirasakan langsung masyarakat.

Disebutkan, terdapat tiga semangat dalam Muktamar XIII. Pertama, spirit evaluatif, melalui laporan pertanggungjawaban mengukur pencapaian organisasi dalam apa yang sudah direncanakan dan dilakukan bersama.

Kedua, spirit continiuous improvement semangat pembenahan dan keberlanjutan melalui peninjauan konstitusi Pemuda Persis dan perumusan rencana strategis yang diharapkan melahirkan sistem yang terus lebih adaptif terhadap tantangan dakwah dan ketiga, spirit estafet kepemimpinan, ini lekat dengan semangat evaluasi dan pembenahan.

"Tanpa ditopang oleh peta pencapaian serta sistem yang kuat, estafet kepemimpinan akan hampa karena berfokus pada siapa akan menumpulkan kita membahas apa yang dibutuhkan," paparnya.

Muktamar XIII Pemuda Persis akan dilaksanakan di Bandung. Hajat akbar 5 tahunan ini menjadi momentum penegasan khitah dan kiprah Pemuda Persis untuk umat dan bangsa Indonesia.

Baca juga: Arena Muktamar Persatuan Ummat Islam antisipasi corona

Baca juga: "Transformasi Gerakan Dakwah" jadi tema Muktamar XVI Persis di Bandung
Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021