Gerindra Jateng ziarah ke makam leluhur Prabowo Subianto

Gerindra Jateng ziarah ke makam leluhur Prabowo Subianto

Pengurus DPD Partai Gerindra Jateng saat berziarah di makam RM Margono Djojohadikusumo yang merupakan leluhur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ANTARA/Sumarwoto

Banyumas (ANTARA) - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Provinsi Jawa Tengah melakukan ziarah ke makam RM Margono Djojohadikusumo yang merupakan leluhur Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Prabowo Subianto

Ziarah yang dilakukan di kompleks pemakaman Dawuhan, Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Sabtu, dipimpin Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid.

Kegiatan itu juga diisi dengan pembagian sarung, tali asih, dan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) kepada warga sekitar komplek pemakaman.

Baca juga: Kader Gerindra Jateng diinstruksikan bantu pemerintah tangani COVID-19

Saat ditemui wartawan, Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid mengatakan ziarah tersebut diikuti pengurus DPD Partai Gerindra Jateng, Anggota DPRD Provinsi Jateng, dan DPC Partai Gerindra dari berbagai kabupaten/kota di wilayah Jawa Tengah.

"Pada hari ini, 10 April 2021, karena ini hari bagus menjelang puasa, besok Insya Allah jatuh pada hari Selasa (13/4), empat hari lagi. Ini adat Jawa, biasanya kita mengadakan nyadran, nyekar kepada leluhur," kata dia yang juga Anggota Komisi VIII DPR RI.

Menurut dia, pihaknya mewakili keluarga besar Prabowo Subianto berziarah ke makam leluhur Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu di Desa Dawuhan.

Baca juga: Gerindra Jateng usulkan Prabowo Subianto kembali jadi ketua umum
Ketua DPD Partai Gerindra Jateng Abdul Wachid saat memberikan bingkisan kepada warga sekitar kompleks pemakaman Dawuhan, Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Sabtu (10/4/2021), usai berziarah di makam RM Margono Djojohadikusumo yang merupakan leluhur Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. ANTARA/Sumarwoto


"Ternyata Pak Prabowo ini adalah keturunan atau trah Banyumas. Bahkan, eyangnya (kakek dari Prabowo Subianto), yakni RM Margono Djojohadikusumo adalah pendiri Bank BNI. Jadi, kami lakukan nyadran ini dan mengenang jasa-jasa beliau," katanya.

Bahkan jika diurut ke atas, kata dia, leluhur Prabowo Subianto merupakan keturunan Majapahit.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya membagikan silsilah leluhur Prabowo Subianto supaya masyarakat tahu bahwa Ketua Umum Partai Gerindra tersebut merupakan trah Banyumas.

Baca juga: Dinkes pastikan vaksin COVID-19 di Banyumas belum dekati kedaluarsa

Lebih lanjut, Wachid mengatakan dalam ziarah tersebut, pihaknya mendoakan arwah serta memohon doa supaya Partai Gerindra makin jaya dan maju serta keluarga Prabowo Subianto diberi kesehatan.

"Pak Prabowo Insya Allah akan maju lagi sebagai calon presiden pada 2024. Mudah-mudahan rakyat mendukung dan mudah-mudahan beliau akan terkabulkan di 2024," katanya.

Baca juga: Pemkab Banyumas selisik penyebab kematian seorang lansia pascavaksin

Sementara itu, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Jateng Sriyanto Saputro mengatakan nyadran merupakan tradisi budaya yang perlu dilestarikan.

Selain itu, kata dia, jika Prabowo Subianto kelak menjadi presiden, masyarakat Dawuhan akan menjadi bangga, termasuk Banyumas dan Jawa Tengah.

"Hari ini, kami murni nyekar, menghormati leluhur kita. Yang utama itu," kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng itu.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspadai potensi cuaca buruk di Jateng selatan
Pewarta : Sumarwoto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021