KM Fajar Mulai layani transportasi murah wisata Raja Ampat

KM Fajar Mulai layani transportasi murah wisata Raja Ampat

Wisatawan asing saat menumpang kapal KM Fajar Mulai dari pelabuhan rakyat Sorong menuju Raja Ampat, Sabtu (10/4/2021). ANTARA/Ernes Broning Kakisina.

Sorong (ANTARA) - Kapal penyeberangan KM Fajar Mulai melayani transportasi murah yang menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata di kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kapal tersebut juga menjadi harapan masyarakat kabupaten Raja Ampat karena dapat mengangkut belanjaan barang dalam jumlah banyak dari kota Sorong. Bahkan menjadi menjadi penghubung Raja Ampat dengan pulau Seram Provinsi Maluku.

Yoseph Mofu warga Waisai Raja Ampat di pelabuhan rakyat Sorong, Sabtu, mengatakan bahwa dia bersama keluarga memilih naik kapal Fajar Mulai karena murah dan bisa memuat barang dalam jumlah banyak.

Selain itu, kata Yoseph, kapal tersebut juga memudahkan masyarakat Raja Ampat menjual hasil produk perikanan seperti ikan segar, udang laut dan ikan asin ke kota Sorong.

"Kapal ini sangat membantu kami untuk mobilisasi Raja Ampat-Sorong karena harganya hanya Rp75.000 per orang," ujarnya.
Baca juga: Raja Ampat akan tindak kapal wisata melanggar aturan
Baca juga: Resor asing larang operator wisata lokal kunjungi kawasan Raja Ampat


Ahmad wisatawan domestik asal Bandung yang ditemui di pelabuhan rakyat Sorong, Sabtu, mengatakan dirinya kaget karena ada angkutan penyeberangan dari Sorong ke Raja Ampat yang cukup murah seperti kapal Fajar Mulai.

"Informasi yang kami peroleh saat masih di Bandung wisata ke Raja Ampat mahal. Setelah tiba di Sorong ternyata ada transportasi penyeberangan murah menuju Raja Ampat dan ini sangat luar biasa," ujarnya.

Amir anak buah kapal KM Fajar Mulai mengatakan bahwa kapal tersebut banyak pula ditumpangi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara dari Sorong menuju ke Raja Ampat.

"Kebanyakan wisatawan yang membawa banyak barang seperti alat menyelam dan barang lainnya guna kebutuhan berwisata di pulau-pulau kabupaten Raja Ampat," tambah dia.

Kapal Fajar Mulai berlayar dari pelabuhan rakyat Sorong menuju ke pelabuhan Waisai, ibukota kabupaten Raja Ampat. Selanjutnya wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dari Waisai ke destinasi wisata dengan menggunakan speed boat masyarakat lokal dengan harga yang dapat dijangkau.
Baca juga: Pemkab Raja Ampat survei kepuasan kunjungan wisatawan secara online
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021