Jakarta (ANTARA) - Pangeran William tidak akan berpartisipasi dalam British Academy Film and Television Arts Awards (BAFTA) akhir pekan ini.

Pangeran William yang telah menjadi Presiden BAFTA sejak 2010, telah mengundurkan diri dari acara tersebut karena kematian kakeknya Pangeran Philip.

"Sehubungan dengan meninggalnya Duke of Edinburgh, Duke of Cambridge tidak akan lagi menjadi bagian dari program BAFTA akhir pekan ini," kata isi pernyataan BAFTA dikutip People, Minggu.

Baca juga: Duka Orlando Bloom hingga David Beckham atas wafatnya Pangeran Philip

"Perhatian kami curahkan bersama Keluarga Kerajaan, di mana kami memberikan simpati yang terdalam saat ini," lanjut BAFTA.

Pangeran William akan diikutsertakan dalam sebuah wawancara yang direkam sebelumnya pada hari Sabtu tentang pembuatan film selama pandemi COVID-19 dan juga akan memberikan pidato virtual pada hari Minggu.

Pangeran Phillip sendiri merupakan alah Presiden pertama BAFTA.

Pangeran Phillip meninggal di Kastil Windsor pada Jumat (9/4), di mana ia dan Ratu Elizabeth II menghabiskan sebagian besar waktunya saat pandemi COVID-19 tahun lalu.

Kematiannya terjadi hanya beberapa minggu setelah ia kembali ke Kastil Windsor usai menjalani perawatan di rumah sakit selama sebulan karena infeksi dan prosedur penyakit jantung yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Perbincangan antara Pangeran Harry dan William "tidak produktif"

Baca juga: "Chernobyl" dominasi kemenangan di BAFTA TV Awards 2020

Baca juga: Reaksi dunia atas kematian Pangeran Philip dari Inggris

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021