Kemarin, persiapan UTBK hingga tanggap darurat gempa Jawa Timur

Kemarin, persiapan UTBK hingga tanggap darurat gempa  Jawa Timur

Ilustrasi - Pelaksanaan UTBK SBMPTN Unej pada tahun 2020 yang masih dalam masa pandemi. ANTARA/ HO - Humas Unej.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Ahad (11/4) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari LTMPT minta peserta UTBK menerapkan protokol kesehatan yang ketat hingga Presiden Joko Widodo perintahkan langkah tanggap darurat.

Berikut berita-berita tersebut :

 

1. LTMPT minta peserta UTBK terapkan protokol kesehatan

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) meminta peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) patuhi protokol kesehatan.

"Peserta UTBK SBMPTN harus mematuhi protokol kesehatan. Sebelum ujian, peserta diminta untuk menunggu di ruang tunggu yang disediakan oleh panitia, " Ketua Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, di Jakarta, Ahad.

2. Mentan perintahkan hitung kerusakan lahan pertanian di NTT

 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memerintahkan para pejabatnya untuk menghitung kerusakan lahan pertanian yang ada di NTT yang diakibatkan oleh badai Siklon Seroja pada Ahad (4/4) lalu.

"Masalah padi, jagung dan ternak akibat bencana alam ini akan saya hitung dan saya perintahkan Dirjen untuk cepat menyusun agenda dan program nyata," katanya kepada wartawan di Kupang, Ahad.

3. Pasien sembuh COVID-19 bertambah 5.219 jadi 1.414.507 orang

 

Data yang dikumpulkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memperlihatkan penambahan pasien sembuh sebanyak 5.219 orang menjadikan total 1.414.507 orang telah dinyatakan pulih dari COVID-19.

 

Selain itu terdapat pula penambahan kasus positif baru sebanyak 4.127 orang menjadikan total telah terkonfirmasi 1.566.995 pasien COVID-19 di Indonesia sejak kasus pertama pada Maret 2020, menurut data Satgas Penanganan COVID-19 yang diterima di Jakarta pada Minggu.

 

4. Terkait gempa Jatim, Presiden perintahkan langkah tanggap darurat

Presiden Joko Widodo telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan langkah-langkah tanggap darurat terkait gempa bumi yang terjadi di Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4) dan Minggu.

"Saya telah memerintahkan Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan dan Menteri PUPR, serta Panglima TNI, Kapolri dan seluruh jajaran aparat terkait lain, juga pemprov, pemerintah kota/kabupaten, segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat," kata Presiden di Bogor, Jawa Barat, Minggu.

5. Kepala BNPB tinjau lokasi bencana di Malang

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo melakukan peninjauan wilayah-wilayah terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu.

Doni melakukan pemantauan di salah satu wilayah terdampak cukup parah bencana itu di Desa Wirotaman, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, didampingi Gubernur Jawa Timur Khififah Indar Parawansa dan Bupati Malang M. Sanusi.

Pewarta : Indriani
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021