Pertukaran Mahasiswa Merdeka tingkatkan kualitas kampus

Pertukaran Mahasiswa Merdeka tingkatkan kualitas kampus

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam di Jakarta, Senin (12/4/2021). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Prof Nizam mengatakan melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka perguruan tinggi dapat saling bekerja sama dan belajar untuk meningkatkan kualitasnya.

“Sehingga semua perguruan tinggi akan bersama-sama membangun pendidikan yang berkualitas dan mencetak generasi bangsa yang tangguh secara akademik, seiring mengimplementasikan prinsip kebinekaan dengan mengenal saudara-saudaranya dari berbagai penjuru Nusantara dan menghormati perbedaan suku dan agama di Indonesia,” ujar dia dalam peluncuran Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Jakarta, Senin.

Dia mendorong perguruan tinggi mendaftarkan organisasinya dan mendorong sebanyak mungkin dosen untuk mendaftarkan mata kuliah terbaiknya.

Dosen juga diminta untuk membuat dan melaksanakan Modul Nusantara serta memberikan pembelajaran mata kuliah.

Baca juga: Kemendikbud luncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 

Di sisi lain, kata dia, perguruan tinggi juga mendorong para mahasiswa untuk mengikuti program itu dan tidak melarang jika ada mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam program.

“Tanggung jawab perguruan tinggi untuk memudahkan proses konversi dan pengakuan SKS mahasiswa sebanyak 20 SKS,” kata dia.

Pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan antarpulau. Selama satu semester mengikuti program tersebut, mahasiswa akan mendapatkan konversi sebanyak 20 SKS. Program tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester tiga hingga delapan.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ditargetkan diikuti 20.000 mahasiswa pada semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022. Sebelum pendaftaran bagi mahasiswa, pendaftaran akan dibuka terlebih dahulu untuk perguruan tinggi dan dosen pada April 2021. Pendaftaran bagi perguruan tinggi dan dosen akan berlangsung pada 19-28 April 2021, sedangkan pendaftaran bagi mahasiswa akan berlangsung pada Juli 2021.

Calon peserta dapat mengakses tautan http://bit.ly/PertukaranMahasiswaMerdeka dan follow akun Instagram @PertukaranMahasiswaMerdeka untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka mulai 19 April
Baca juga: Kampus harus mampu bekali mahasiswa beradaptasi dengan perubahan

Pewarta : Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021