Padang (ANTARA News) - Universitas Bung Hatta Padang akan membuka program studi baru, yaitu pendidikan profesi guru dengan calon mahasiswa para sarjana strata satu ilmu pendidikan.

"Proposal pembukaan program studi (prodi) baru ini sudah disampaikan ke Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, dan diharapkan dibuka mulai tahun ajaran 2011/2012," kata Wakil Rektor II Universitas Bung Hatta (UBH) Dr Eni Kamal, di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan prodi pendidikan profesi guru dengan lama studi satu tahun dibuka untuk sarjana strata 1 (S1) yang ingin menyandang predikat guru.

"Prodi tersebut akan menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UBH," katanya.

Menurut dia, dibukanya prodi ini didukung persyaratan jumlah tenaga pengajar yang sudah mencukupi pada FKIP UBH yang telah memiliki staf pengajar empat orang bergelar doktor, dan tujuh orang lainnya sedang mengikuti pendidikan doktor dengan konsentrasi bidang kependidikan.

Ia mengatakan, selain itu, di prodi lainnya pada FKIP setiap semester III juga disisipkan mata kuliah terkait dengan keprofesian, sehingga para lulusan FKIP UBH mendapat penghargaan sertifikasi pendidik.

Eni Kamal mengharapkan dengan dibukanya prodi pendidikan profesi guru, UBH akan menghasilkan guru profesional di bidangnya.

Ia menambahkan, selain akan membuka prodi tersebut, UBH juga berencana membuka tiga prodi master (S-2) yang juga dalam proses di Dikti Depdiknas, yakni Prodi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Konversi Energi di Fakultas Teknik Industri (FTI). (H014/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010