Tampil di Hannover Messe, Peruri perkenalkan inovasi produk digital

Tampil di Hannover Messe, Peruri perkenalkan inovasi produk digital

Peruri. ANTARA/peruri.co.id/pri. (ANTARA/peruri.co.id)

Jakarta (ANTARA) - Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) turut serta dalam gelaran pameran Hannover Messe 2021 dan memperkenalkan inovasi di bidang digital business solutions dalam kategori pameran digital ekosistem.

Ketiga produk yang dipamerkan yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust.

"Keikutsertaan Peruri dalam pameran tersebut merupakan apresiasi yang luar biasa dari pihak eksternal serta membuktikan bahwa Peruri memiliki kompetensi yang baik dalam menghadapi persaingan di tingkat global dan industry 4.0 melalui berbagai inovasi yang dilakukan," kata Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Hannover Messe adalah pameran terbesar dunia untuk teknologi industri, yang telah berjalan selama 74 tahun. Tahun ini, Hannover Messe 2021 diselenggarakan secara digital pada 12-16 April 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman buka ajang Hannover Messe 2021

"Diharapkan partisipasi di ajang ini dapat membuka peluang bagi Peruri baik penjajakan bisnis di bidang pencetakan uang dan dokumen sekuriti maupun penjajakan partnership dalam pengembangan teknologi digital business solutions," imbuh Adi.

Guna mendukung langkah Peruri dalam bersaing di kancah internasional, BUMN tersebut telah mendirikan lembaga riset Peruri Research Institute for Authenticity (PRIfA) yang bertujuan untuk meningkatkan inovasi dan memberikan nilai tambah terhadap bisnis perusahaan.

Selain itu, Peruri juga berkolaborasi dengan perusahaan SICPA SA Swiss dan Giesecke+Devrient Jerman sebagai mitra industri tentang riset dan pengembangan.

Ke depan, Peruri terus berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya inovasi di berbagai bidang agar dapat mewujudkan tujuan perusahaan menjadi korporasi percetakan sekuriti terintegrasi dan solusi digital sekuriti kelas dunia.

Baca juga: Menperin: Hannover Messe tampilkan potensi RI terapkan industri 4.0

Baca juga: Menperin harap Hannover Messe buka pandangan dunia tentang industri RI


Berdiri sejak 1971, Peruri memiliki kompetensi utama sebagai perusahaan penjamin keaslian terpercaya (trusted authenticity guarantor) baik untuk negara, instansi pemerintahan, maupun pihak swasta.

Beberapa tugas utama Peruri untuk negara adalah mencetak uang rupiah serta beberapa dokumen vital lainnya seperti paspor, meterai, pita cukai dan sertipikat tanah.

Seiring perkembangan teknologi digital, Peruri tetap berada dalam bisnis inti yang sama dan meningkatkan kapabilitasnya dari menjaminkan keaslian produk konvensional (printing) ke layanan digital sekuriti melalui tiga lini produknya yaitu Peruri Sign, Peruri Code dan Peruri Trust.

Baca juga: Peruri sediakan layanan digital dukung ekosistem blockchain Indonesia

Baca juga: Terapkan solusi digital, Peruri teken MoU dengan Kementerian ATR/BPN

 
Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021