Kumpulan aplikasi pesan makanan sahur dan buka puasa

Kumpulan aplikasi pesan makanan sahur dan buka puasa

Ilustrasi penggunaan smartphone (Antaranews/pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Puasa di bulan Ramadhan tahun ini kembali dijalani di tengah pembatasan aktivitas fisik karena pandemi virus corona masih berlangsung.

Pemerintah memperpanjang Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Skala Mikro (PPKM Mikro) hingga 19 April, wilayah cakupannya pun semakin luas melihat perkembangan kasus COVID-19 terkini.

Jika bosan dengan menu rumahan atau tidak sempat memasak sendiri, membeli makanan dari luar untuk berbuka maupun sahur bisa menjadi jawaban. Berikut ini kumpulan aplikasi yang bisa digunakan untuk memesan makanan atau mencari restoran.

1. Gojek
Aplikasi yang terkenal berkat ojek online ini sudah lama memiliki layanan GoFood, salah satu andalan untuk membeli makanan ketika tidak bisa keluar dari rumah.

Layanan GoFood mencakup berbagai tempat makan, dari kaki lima hingga restoran di dalam mall dan seringkali memberikan potongan harga, baik untuk makanan maupun untuk ongkos kirim.

Jika belum tahu ingin makan apa, pengguna bisa menggunakan fitur "Nearby" untuk mencari tempat makan terdekat dari lokasi.

Untuk kemudahan pembayaran, pengguna bisa menggunakan dompet digital GoPay dan LinkAja atau menyambungkan kartu debit maupun kredit ke aplikasi Gojek.
 
2. Shopee
Platform belanja online Shopee bukan hanya terkenal untuk membeli gawai maupun barang-barang fesyen, namun, juga makanan lewat Shopee Food.

Sejumlah penjual menawarkan makanan siap konsumsi seperti nasi goreng, mie ayam, ayam goreng hingga jus buah. Beberapa penjual mengirim produk yang sudah siap makan, yang lainnya dalam bentuk beku atau hanya perlu dipanaskan agar tetap segar.

Umumnya, penjual makanan siap konsumsi di Shopee memberlakukan pra-pemesanan alias harus memesan beberapa hari sebelumnya. Untuk menjaga kesegaran makanan dan minuman, pilih pengiriman dan kurir instan.

Untuk pembayaran, pengguna bisa menggunakan dompet digital ShopeePay atau transfer ke akun virtual bank yang disediakan setelah mengonfirmasi pesanan.

3. Grab
Aplikasi layanan on-demand Grab juga memiliki layanan pesan antar makanan GrabFood, yang menawarkan berbagai pilihan restoran dan ragam makanan.

Grab menyediakan fitur pilihan waktu agar pengguna bisa menyesuaikan dengan waktu buka puasa maupun sahur. Fitur ini bisa digunakan untuk memesan makanan sampai tiga hari ke depan.

Untuk melihat tawaran promosi, Grab memiliki menu untuk mengetahui restoran mana saja yang sedang memberikan potongan harga hari ini.

Selain itu, GrabFood juga memiliki fitur kategori makanan seperti makanan laut, burger hingga makanan Padang.

Grab menyediakan pembayaran dengan dompet digital OVO maupun secara tunai.

4. Tokopedia
E-commerce Tokopedia menyediakan beragam pilihan di kategori Makanan dan Minuman, termasuk untuk makanan siap makan.

Cukup ketikkan kata kunci seperti "kopi 1 liter" di kolom pencarian dan temukan makanan atau minuman yang dicari. Pengguna juga bisa mengatur agar hasil pencarian berasal dari kota yang sama.

Sama seperti pengiriman makanan pada umumnya, pilih kurir instan agar dikirim dalam beberapa jam setelah pesanan dikonfirmasi penjual.

Tokopedia menyediakan pembayaran dengan dompet digital OVO maupun transfer bank.

Baca juga: MUI akan awasi aplikasi ponsel berkonten Islami

Baca juga: Aplikasi Muslimapp.id kembangkan layanan fitur-fitur baru

Baca juga: Muslim Pro hadirkan fitur khatam Al Quran bersama saat Ramadhan

5. Google Maps
Aplikasi navigasi Google Maps tidak hanya bisa digunakan untuk mencari lokasi di peta, namun, juga melihat tempat makan yang ada di sebuah wilayah.

Caranya, pastikan sudah mengaktifkan fitur lokasi di ponsel dan ketuk ikon restoran yang berada di bawah kolom pencarian. Google Maps memiliki fitur untuk melihat ulasan dan foto yang berasal dari pengguna lain yang pernah berkunjung ke tempat tersebut.

Keuntungan menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa membantu bisnis lokal terdekat dengan lokasi saat ini.

Beberapa restoran mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi atau situs untuk memesan.

Jika tidak ada kontak yang bisa dihubungi, pengguna bisa menggunakan referensi dari Google Maps ini untuk memesan di aplikasi pemesanan makanan lainnya.

6. Kulina
Aplikasi Kulina berfungsi layaknya memesan katering makanan, selain melihat pilihan makanan, pengguna juga bisa melihat rumah makan yang menyediakan layanan pengiriman makanan.

Kulina menyediakan pilihan instan untuk memesan di hari yang sama; langganan untuk memesan selama beberapa hari ke depan; dan pre-order untuk makanan yang perlu dipesan beberapa hari sebelumnya.

Salah satu fitur yang menarik, Kulina menyediakan pemesanan dalam jumlah banyak di fitur Acara, yang bisa digunakan ketika ingin mengadakan acara buka puasa bersama keluarga di rumah.

Makanan yang ditawarkan Kulina cukup beragam, mulai dari makanan rumahan hingga menu untuk diet.

7. Sayurbox
Aplikasi Sayurbox terkenal sebagai platform untuk memesan sayuran mentah dan buah segar, juga bahan-bahan makanan.

Platform ini memiliki kategori Menu Sehat, berupa pilihan makanan dan minuman dari sayur dan buah-buahan.

Pilihan makanan yang dijual di kategori ini berupa potongan buah segar dan sayur yang siap dicampurkan ke salad. Sayurbox juga menyediakan jus buah dan jamu mulai ukuran 250 mililiter.

Jika masih memiliki waktu untuk memasak, Sayurbox menyediakan bundel paket masak berisi bahan-bahan untuk memasak satu menu, seperti sayur lodeh.

Sayurbox umumnya hanya mengirimkan pesanan hanya beberapa hari dalam satu minggu. Pengguna bisa memilih tanggal pengiriman yang disediakan untuk menjamin kesegaran produk.

Baca juga: Hawaya, aplikasi pencarian jodoh khusus muslim

Baca juga: Liburan akhir tahun dengan ikut kelas virtual

Baca juga: Pengembang aplikasi Muslim Pro bantah jual data ke militer AS
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021