Jakarta (ANTARA) - Tim nasional basket Indonesia dipastikan bakal menjalani tiga laga tersisa Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Clark City, Filipina, 16-20 Juni.

Kepastian itu didapat setelah FIBA dalam laman resminya mengonfirmasi bahwa laga tersisa kualifikasi yang seharusnya digelar pada Februari lalu diundur ke Juni akibat pandemi COVID1-9.

Clark, Filipina bakal menjadi lokasi pertandingan untuk Grup A, B, dan C. Sedangkan Grup D, E, dan F akan bertanding di Amman, Yordania pada 12-14 Juni.

Baca juga: Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Qatar batal

Clark sedianya sudah menyelenggarakan windows ketiga Kualifikasi FIBA Asia 2021 pada 18-22 Februari. Namun rencana tersebut batal dilaksanakan karena adanya kebijakan perpanjangan larangan perjalanan yang diberlakukan otoritas Filipina.

FIBA lantas memindahkan lokasi pertandingan ke Doha, Qatar. Namun pemerintah setempat melarang kegiatan besar akibat lonjakan kasus COVID-19 di negaranya.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 diikuti 24 tim yang terbagi ke dalam enam grup. Dua urutan teratas dari masing-masing grup akan otomatis tampil dalam Piala Asia 2021. Sedangkan peringkat ketiga akan bertanding lagi untuk memperebutkan empat slot menuju babak utama.

Baca juga: Jakarta siap tuan rumahi FIBA Asia Cup 2021

Indonesia saat ini berada pada peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi empat poin di bawah Filipina (4) dan Korea Selatan (4).

Indonesia masih mempunyai tiga laga tersisa menghadapi seluruh tim yang tergabung dalam Grup A, dimulai dengan melawan Korea Selatan, Filipina, dan Thailand.

Namun Merah Putih sudah dipastikan lolos ke Piala Asia 2021 dengan status tuan rumah.

Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 diyakini ajang pembuktian Indonesia pada dunia
Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 diharapkan boleh disaksikan penonton


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021