WIKA: Tol Serang-Panimbang Seksi I akan fungsional Lebaran tahun ini

WIKA: Tol Serang-Panimbang Seksi I akan fungsional Lebaran tahun ini

Proyek pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang. ANTARA/HO-Kementerian PUPR/am.

Jakarta (ANTARA) - Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkasbitung, Banten, akan fungsional pada Lebaran 2021, kata Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA Agung Budi Waskito.

"Mengenai Tol Serang-Panimbang, jalan tol ini terdiri dari tiga seksi di mana salah satu seksi yakni Seksi I dari Serang sampai dengan Rangkasbitung akan mulai fungsional pada Lebaran tahun ini, belum operasional karena masih terdapat beberapa pekerjaan minor yang akan diselesaikan sampai Mei," ujarnya dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, Tol Serang-Panimbang Seksi I tersebut akan fungsional pada saat Lebaran dan operasional pada Juni tahun ini. "Sementara untuk Seksi II dan III baru dimulai (konstruksi), kurang lebih akan selesai dan operasional dua tahun lagi," kata Dirut WIKA tersebut.

Baca juga: Kinerja mengkilap 2020, WIKA gencarkan proyek di luar negeri

PT Wijaya Karya (Wika) Serang-Panimbang (Serpan) selaku pelaksana pembangunan Tol Serang-Panimbang (Serpan) memastikan pengerjaan fisik Tol Serpan Seksi 1 dari Serang hingga Rangkasbitung akan selesai pada April 2021.

Manajer Bidang Human Capital dan Umum PT Wika Serpan, Bambang Yogaswara mengatakan, secara umum untuk pembangunan fisik Tol Serpan Seksi 1 ditargetkan bakal selesai pada bulan ini. Saat ini progresnya hanya tinggal menyisakan sedikit pekerjaan.

Ia mengatakan meski pengerjaan fisik akan rampung dalam waktu dekat, namun pihaknya belum bisa memastikan ruas jalan tol itu sudah difungsionalkan sebelum Lebaran tahun ini. Sebab, PT Wika Serpan harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Seksi 1 dipastikan selesai April 2021

Menurutnya, perlu koordinasi dengan PT MMS karena Tol Serpan akan terkoneksi degan Ruas Tol Tangerang-Merak yang dikelola oleh perusahaan tersebut. Pihaknya harus melakukan penyesuaian sistem untuk kelancaran pelaksanaannya.

Pengerjaan Tol Serpan dibagi dalam tiga seksi sepanjang 83,67 kilometer. Seksi 1 yaitu Serang hingga Rangkasbitung sekitar 26,5 kilometer. Seksi 2 dari Rangkasbitung hingga Cileles sepanjang 24,1 kilometer dan seksi 3 dari Cileles hingga Panimbang sepanjang 33 kilometer.

Tol dilengkapi dengan tujuh interkoneksi simpang susun. Ketujuh akses itu terdiri atas simpang susun Petir, Cikeusal, Rangkasbitung, Cikulur, Bojong, Cileles dan Pagelaran. Tol dibangun melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Serang-Cileles sepanjang 50,67 kilometer dikerjakan oleh badan usaha dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dikerjakan oleh pemerintah.
Pewarta : Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021