Riza nilai rusun panggung solusi banjir di Cipinang Melayu

Riza nilai rusun panggung solusi banjir di Cipinang Melayu

Genangan air di salah rumah panggung yang dijadikan lokasi pengungsian korban banjir di Cilacap. (ANTARA/HO-BPBD Cilacap)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menilai rumah susun panggung bisa menjadi salah satu solusi banjir yang kerap terjadi setiap musim hujan di Cipinang Melayu, Jakarta Timur.

"Nanti dari Sumber Daya Air (SDA) akan mencarikan solusi terkait titik-titik sesuai kontur tanahnya, di antaranya konsep rumah susun panggung baik sewa atau milik," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Baca juga: Rumah panggung banyak dikritik, Riza: Kami terbuka dengan masukan

Riza menyebutkan bahwa rumah susun panggung di Cipinang Melayu, Jakarta Timur akan memiliki bagian bawah yang kosong menyerupai basemen.

Harapannya, kata Riza agar ketika banjir melanda kawasan itu, ruang bawah rusun bisa menjadi tempat penampungan air.

Baca juga: Kemensos imbau hidupkan kearifan lokal antisipasi bencana

"Ketika kemarau ruang basemen itu menjadi tempat bermain anak-anak dan fungsi lainnya, tapi ketika hujan dan banjir, tempat itu bisa menjadi  penampungan air," ujar Riza.

Banjir yang sering terjadi di Cipinang Melayu, kata Riza, dikarenakan kontur tanah di sejumlah wilayah Ibu Kota memang rendah. Misalnya seperti di Cipinang Melayu dan Condet, Jakarta Timur serta Kalibata, Jakarta Selatan sehingga banjir menerjang ketika hujan deras turun di titik ini.

Baca juga: Pakar : rumah panggung bantu pelepasan energi gempa

"Cipinang Melayu ini kan memang beda. Di Jakarta ini kan konturnya memang di bawah permukaan laut, termasuk Cipinang Melayu," ucap politikus Partai Gerindra ini.

Banjir beberapa kali merendam permukiman warga di wilayah Cipinang Melayu. Banjir terakhir terjadi pada Rabu, 14 April 2021 hingga Kamis dinihari, 15 April 2021.
Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021