Jakarta (ANTARA) - Platform e-dagang Blibli memperkuat kehadiran produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan gaya hidup halal para pelanggan Indonesia secara end-to-end, dengan meluncurkan dua kategori baru.

Dua kategori tersebut yaitu Kategori Fashion Muslim dan Kategori Perhiasan Emas & Logam Mulia, serta memperluas kurasi Blibli Hasanah untuk produk Muslim-friendly.

"Industri Syariah semakin menjadi fokus pemerintah seiring dengan banyaknya masyarakat yang menjalani gaya hidup halal. Melihat hal ini, Blibli melengkapi ekosistem e-commerce miliknya dengan kategori dan kurasi yang memudahkan pelanggan untuk menemukan produk Muslim-friendly serta halal, mulai dari makanan hingga investasi emas," kata Vice President Fashion Muslim, Logam Mulia & Blibli Hasanah di Blibli Desey Muharlina Bungsu, melalui keterangannya, Jumat.

Hal tersebut didasari dari data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di mana nilai perdagangan industri halal di tahun 2020 sudah mencapai 3 miliar dolar AS dan diharapkan akan meningkat seiring tren gaya hidup halal.

Baca juga: Blibli gandeng Foodcycle Indonesia untuk program "Gowes Berbagi"

Baca juga: Central x Blibli Festive Ramadan 2021 gandeng desainer lokal


Pemerintah pun memposisikan peningkatan halal value chain yang melibatkan e-commerce sebagai strategi untuk mengembangkan ekonomi Syariah. Blibli pun menjadi e-commerce pertama yang memiliki penyelia halal sebagai syarat utama dalam pengimplementasian SJH oleh suatu perusahaan.

Dengan hadirnya penyelia halal, Blibli bisa mengatur agar keseluruhan value chain di ekosistem e-commerce miliknya memperhatikan standarisasi SJH sehingga produk-produk halal mendapatkan penanganan yang sesuai, mulai dari penyimpanan di warehouse hingga pengiriman oleh kurir.

Hadirnya SJH memantapkan Blibli dalam menyediakan produk-produk Muslim-friendly dan halal yang semakin diminati pelanggan. Blibli sendiri telah mencatat tren positif atas permintaan untuk produk Muslim-friendly dan halal.

Sejak peluncuran Blibli Hasanah, yaitu kurasi produk Muslim-friendly dan halal, pada kuartal II 2020, kelompok produk fashion Muslim, makanan & minuman halal, kesehatan & kecantikan halal, serta perhiasan emas & logam mulia mengalami kenaikan order rata-rata sebesar 2 kali lipat per kuartal hingga kuartal I 2021 lalu.

Selain menambah kategori, Blibli terus memperluas Blibli Hasanah dengan menambahkan sub-kategori baru yaitu Makanan Halal, Minuman Halal, dan Aktivitas Muslim yang menyediakan tiket dan voucher untuk kegiatan seperti kelas Islami online agar pelanggan semakin bisa menjalankan gaya hidup halal.

Sebagai bagian dari industri e-commerce Indonesia, Blibli juga bermitra dengan pemangku kepentingan yang relevan untuk memajukan industri Syariah seperti institusi perbankan dan perusahaan teknologi finansial untuk menyediakan alat pembayaran berbasis Syariah, termasuk dengan LinkAja Layanan Syariah.

Selain itu, Blibli bekerja sama dengan perwakilan pemerintah dan agama, termasuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar SJH dapat diterapkan sesuai ketentuan.

Di bulan Ramadhan ini, Blibli turut meluncurkan berbagai penambahan di fitur dan layanannya, yang terangkum dalam program #HikmahRamadhan yang memuat fitur seperti pengiriman cepat hingga promo menarik.

Baca juga: Blibli punya layanan pengiriman dua jam untuk Ramadhan

Baca juga: vivo perkenalkan X60 series di Indonesia

Baca juga: Blibli dukung Gernas BBI, tampilkan ragam produk UMKM Sumatra Utara

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021