Samarinda (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan Bulan Suci Ramadhan menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan toleransi antarumat beragama.

“Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan toleransi antarumat beragama, mari kita bersama- sama menjaga persaudaraan dan rasa persatuan dan kesatuan bangsa ini," kata dia di Samarinda, Jumat (16/4).

Ramadhan sebagai bulan suci bagi umat Islam, menurut mantan Bupati Kutai Timur ini, memiliki hakikat besar dalam membangun kepedulian dan sikap saling menghormati antarsesama.

Salah satu hakikat Ramadhan, lanjutnya, terbangun kepedulian sosial antarsesama umat muslim maupun umat beragama lainnya.

Baca juga: Mahbub Maafi: Puasa harus memiliki dampak terhadap kehidupan

Oleh karena itu, orang nomor satu di Provinsi Kaltim itu mengajak seluruh elemen masyarakat setempat bersama-sama peduli dan menghormati umat beragama lainnya, termasuk membentengi diri dari upaya oknum yang tak bertanggung jawab, yang menyebar berbagai isu meresahkan, terlebih di tengah pandemi COVID-19.

“Mari bersama-sama menjaga stabilitas kebersamaan antarumat beragama,” katanya.

Isran berharap, Ramadhan bisa membentuk jiwa kebersamaan, seperti memberikan perhatian kepada umat Islam lain yang kekurangan berupa sedekah dan zakat.

"Bulan Ramadhan ini, kita terus membangun silaturahim yang kuat antarmasyarakat," kata dia.

Baca juga: MUI mengajak warga Muslim memperbanyak kebaikan selama Ramadhan
Baca juga: Muhammadiyah: Ramadhan momentum perkuat solidaritas bantu sesama
Baca juga: Haedar Nashir: Jangan jadikan puasa sebagai ritual individu semata


Pewarta: Arumanto
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021