Generasi muda berperan penting karena masa depan bangsa ini ada di pundak anak muda.
Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards mendukung generasi muda yang rela menyumbangkan tenaga dan pikirannya demi meningkatkan kesehatan bangsa.

“Sejak tahun 2010, Astra menjaga komitmen untuk terus mengapresiasi generasi muda yang telah berperan aktif membantu masyarakat sekitarnya di seluruh pelosok tanah air melalui apresiasi SATU Indonesia Awards," ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Menurut Riza, generasi muda berperan penting karena masa depan bangsa ini ada di pundak anak muda.

Kesehatan adalah hal yang paling fundamental dalam kehidupan. Namun dengan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai ratusan jiwa, akses pemerataan kesehatan menjadi tantangan tersendiri bagi tenaga kesehatan saat ini.

Baca juga: Kolaborasi anak bangsa penerima SATU Indonesia Awards Lawan COVID-19

Untuk Itu Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards memberikan dukungan kepada seluruh generasi muda yang rela menyumbangkan tenaga dan pikirannya demi kesehatan masyarakat.

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus anggota Dewan Juri 12th SATU Indonesia Awards 2021, Prof. Nila Moeloek mengatakan dirinya sangat senang sekali dengan apresiasi SATU Indonesia Awards terutama dalam bidang kesehatan.

"Harapan saya untuk generasi muda agar selalu produktif dalam berinovasi dan bergerak lebih di bidang kesehatan, sehingga berdampak terhadap meningkatnya layanan kesehatan di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, pada saat pandemi, Ika Dewi Maharani sebagai penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2020 kategori khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemi, dengan keahliannya mengajukan diri untuk menjadi pengemudi mobil ambulans dalam menangani pasien yang telah terpapar untuk dibawa ke rumah sakit.

Baca juga: SATU Indonesia Award ajang pembuktian karya anak muda

“Dengan keahlian yang saya miliki: bisa menyetir, memiliki latar sebagai perawat, jadi pas. Sesuai dengan panggilan hati saya, dengan kemampuan yang saya punya, saya harus melayani dan membantu masyarakat,” ujar Ika.

Menurut Ika, SATU Indonesia Awards merupakan program yang menjadi jembatan penghubung antara generasi muda dan masyarakat luas yang membutuhkan kontribusinya.

“Dengan dibuka kembali kategori khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemi COVID-19, dapat mengajak generasi muda lainnya untuk selalu bergerak bersama dalam memberikan manfaat sekitarnya,” katanya.

Sama seperti tahun sebelumnya, SATU Indonesia Awards menjaring anak muda di seluruh penjuru Indonesia yang tak kenal lelah memberikan manfaat bagi sekitarnya. Apresiasi diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi serta satu kategori kelompok yang mewakili ke lima bidang tersebut. Pada tahun ini, Astra kembali memberikan tambahan kategori apresiasi khusus pejuang tanpa pamrih di masa pandemi.

Baca juga: SATU Indonesia Awards jaring 11 pejuang tanpa pamrih COVID-19

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Rolex Malaha
Copyright © ANTARA 2021