TNI buka peluang wanita TNI kembangkan karier militer

TNI buka peluang wanita TNI kembangkan karier militer

Sejumlah prajurit Wanita TNI tengah melakukan demo pengamanan VVIP di sela-sela Apel Bersama Wanita TNI dalam rangka memperingati Hari Kartini, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21-4-2021). (ANTARA/HO-Puspen TNI)

Jakarta (ANTARA) -
Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyebutkan, saat ini TNI membuka peluang seluas-luasnya bagi para prajuritnya, termasuk wanita TNI untuk mengembangkan karier kemiliteran.
 
"Saat ini, para Kartini modern memiliki peluang yang sama dengan counterpart pria di berbagai medan pengabdian dan penugasan," kata Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Staf Umum Panglima TNI, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, pada Apel Bersama Wanita TNI, di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Baca juga: Panglima: wanita TNI bisa ikut sesko
 
Apel bersama ini diselenggarakan bertepatan dengan hari lahir pejuang emansipasi dan pahlawan nasional, Raden Ajeng Kartini yang jatuh pada 21 April.
 
Menurut dia, Akademi TNI telah menjadi almamater tidak hanya bagi para taruna tetapi juga taruni. Wanita TNI pun telah ikut berpartisipasi dalam berbagai misi pemeliharaan perdamaian dunia di berbagai negara.
 
"Bahkan, TNI telah memiliki Perwira Tinggi Wanita yang menjadi bukti kemampuan para Wanita TNI untuk meniti jenjang karier hingga ke jenjang tertinggi," kata Tjahjanto dalam sambutannya.

Baca juga: Panglima TNI sebut Dharma Pertiwi berperan wujudkan keluarga tangguh
 
Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, tantangan ke depan akan semakin kompleks, sehingga membutuhkan kemampuan prajurit untuk beradaptasi agar tidak tergerus perubahan.
 
Selain itu, kemajuan teknologi membawa berbagai paradoks. Salah satunya, teknologi komunikasi dengan media sosial dan internetnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan positif tetapi juga kejahatan lintas negara, radikalisme, dan terorisme.

Baca juga: Direktur Hukum AD, perwira wanita naik pangkat jadi brigjen
 
Tjahjanto berpesan agar prajurit wanita terus membina diri dan melakukan peningkatan kemampuan. Terlebih, para prajurit wanita juga berperan sebagai ibu rumah tangga.
 
"Sebuah peran yang tidak kalah penting karena merupakan peran untuk menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa," kata dia. Apel bersama itu diikuti 240 prajurit wanita TNI dan 25 perwakilan dari PNS wanita.
Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2021