Masyarakat bisa mengetahui produk-produk beragam yang ada di Kota Kediri yang enak, bagus dan cantik semuanya
Kediri (ANTARA) - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan istri, Ferry silviana Abu Bakar ikut mempromosikan beragam produk UMKM asal Kota Kediri, Jawa Timur, lewat siaran langsung di media jejaring sosial Instagram untuk mendorong usaha tetap berkembang menjelang Lebaran 2021.

"Saya dan Ketua TP PKK Kota Kediri tadi sudah me-review semua produknya dan alhamdulillah produknya bagus dan enak. Saya mengajak masyarakat Kota Kediri kalau beli jangan jauh-jauh. Beli produk UMKM yang sudah kita review tadi karena semua bagus dan sudah kita seleksi dan semua layak untuk dibeli dan dicicipi," kata Wali Kota Kediri di Kediri, Jatim, Rabu.

Ia mengatakan ulasan produk ini dilakukan sebagai bagian mendorong agar UMKM di Kota Kediri semakin berkembang. Dengan mengenalkan langsung diharapkan produk mereka semakin laris.

"Mudah-mudahan dengan cara seperti ini kita bisa mengenalkan produk-produk UMKM di Kota Kediri dan semoga kita bisa mengenalkan yang lain-lainnya juga agar seluruh masyarakat bisa mengetahui produk-produk beragam yang ada di Kota Kediri yang enak, bagus dan cantik semuanya," kata Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri.

Ia juga turut menggandeng para pengelola media sosial untuk membantu mempromosikan produk UMKM Kota Kediri lewat media sosialnya masing-masing.

"Waktunya kita sekarang ini untuk bantu membantu mempromosikan mereka-mereka yang bisnisnya sedang macet. Kalau bisnisnya macet ya ekonominya juga berhenti. Biasanya kalau teman-teman di media sosial kalau mempromosikan bayarnya, tolong didiskon supaya ini berjalan. Kalau tidak berjalan mereka akan tumbang dan untuk bangkit lagi akan lama. Tapi kalau mereka bisa bertahan ketika pandemi ini, maka akan cepat untuk meroketnya," kata Mas Abu.

Sementara itu, Ferry Silviana mengungkapkan pada Ramadhan dan mendekati Hari Raya Idul Fitri 2021 ini juga merupakan waktu yang pas untuk membeli produk-produk UMKM Kota Kediri.

"Ini momen yang pas karena mau Lebaran. Tadi, produknya tidak hanya makanan, minuman tapi camilan (makanan ringan) juga ada, parcel, mukena, kemeja, pas momennya mau Lebaran. Jadi, jangan lupa belanja produk UMKM agar UMKM kita bisa bangkit walaupun pandemi belum usai tapi produk-produknya bisa menggeliat dan makin sukses," kata dia.

Pihaknya mengakui situasi pandemi COVID-19 membuat geliat ekonomi di semua sektor kian lesu, tidak terkecuali sektor UMKM, hotel dan restoran.

Untuk itu, sebagai bentuk perhatian dan upaya untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM dengan memanfaatkan akun Instagram pribadinya, melakukan ulasan produk.

Terdapat 37 produk yang dilakukan ulasan mulai dari makanan, minuman, pakaian, produk kerajinan tenun seperti sepatu, topi dan syal. Ulasan tersebut mulai dari cita rasa, harga, kualitas, hingga cara pemesanannya.

Pemkot Kediri sebelumnya juga bekerja sama dengan marketplace sebagai sarana UMKM untuk berjualan. Hasilnya, produk UMKM banyak dibeli oleh calon pembeli dengan pembelian secara daring.

Baca juga: Kementerian PUPR bakal bantu entaskan RTLH di Kampung Inggris Kediri
Baca juga: Pemkot Kediri tetap bagikan bahan pokok saat Ramadhan
Baca juga: Pemkot Kediri perketat PPK mikro saat Ramadhan 2021

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021