Pekanbaru prioritaskan vaksinasi COVID-19 kepada lansia

Pekanbaru prioritaskan vaksinasi COVID-19 kepada lansia

Ilustrasi - Petugas melakukan vaksinasi terhadap lansia di Dharma Bakti, Jalan Bratayudha, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (21/4/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau memprioritaskan vaksinasi COVID-19 kepada pelayanan publik dan warga lanjut usia (lansia) tetap dilanjutkan selama Ramadhan ini.

"Seperti beberapa hari sebelumnya, teman-teman dari Pengadilan Agama kita vaksin di Rumah Sakit PMC. Nanti masyarakat lainnya, khususnya lansia tetap akan mendapatkan vaksin," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru Mohammad Noer di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan vaksinasi masih dilangsungkan pada siang hari saat Ramadhan mengingat pada malam hari banyak masyarakat beribadah.

"Sekarang tetap siang. Kalau malam dikhawatirkan nanti bisa mengganggu pelaksanaan ibadah. Tapi kalau siang kan waktunya lebih longgar. Kalau vaksinasi malam, kasihan juga dengan petugas dan peserta vaksinasi, apalagi kalau rumahnya jauh dari lokasi vaksinasi," ucap dia.

Baca juga: Satgas: Vaksinasi COVID-19 di bulan Ramadhan aman tidak batalkan puasa

Meski demikian, Dinas Kesehatan Pekanbaru tidak melarang apabila ada rumah sakit yang melaksanakan penyuntikan vaksin Sinovac pada malam hari.

"Kalau ada permintaan ke rumah sakit untuk vaksinasi malam, itu tidak masalah. Kita tidak melarang karena tidak ada ketentuan jam berapa harus divaksin," kata Noer.

Dia mengingatkan masyarakat yang sudah divaksin COVID-19 untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari mengingat saat ini terjadi tren kenaikan kasus.

"Tetap waspada dan disiplin. Jangan kendor menerapkan 5M," katanya.

Baca juga: Dinkes Kendari tetap lakukan vaksinasi COVID-19 saat Ramadhan
Baca juga: Dinkes Ponorogo lanjutkan vaksinasi di 17 puskesmas selama Ramadhan
Pewarta : Vera Lusiana
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021